KKN “Pulang Kampung”, Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi Parenting dari Perspektif Ilmu Kebahasaan Secara Daring

Pelaksanaan KKN Tim II Undip 2020/2021

Modul Edukasi Pemerolehan Bahasa Anak

Bawen, Kab. Semarang (05/08) – Situasi dan kondisi akibat pandemi COVID-19 tidak membatasi semangat Tim II KKN mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melaksanakan program kerja mereka. Dengan sistem daring dan mengusung tema “KKN Pulang Kampung”, KKN dilaksanakan selama enam minggu mulai dari tanggal 30 Juni sampai 12 Agustus 2021 secara mandiri (individu) dengan lokasi yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dimanfaatkan secara maksimal untuk mewujudkan KKN dengan sistem tersebut.

Salah satu mahasiswa dari Tim KKN II Undip di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, berbekal dengan ilmu yang didapat dari kuliahnya melaksanakan program kerja berjudul “Edukasi Pemerolehan Bahasa Anak dari Ilmu Psikolinguistik”. Program kerja ini ditujukan kepada orang tua yang memiliki anak berusia bayi hingga remaja. Edukasi ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada para orang tua tentang pentingnya memperhatikan perkembangan anak dari kebahasaannya, yang nantinya diharapkan akan meningkatkan juga kualitas hubungan antara orang tua dan anak melalui komunikasi yang terjadi melalui kemampuan berbahasa mereka. Edukasi dilaksanakan secara daring dengan pembagian modul yang telah diunggah di website publikasi Issu.com melalui personal chat WhatsApp kepada orang tua di Lingkungan Tegalrejo RT 03 RW 03, Bawen dan juga disebarkan melalui sosial media Instagram.

Proses Pelaksanaan Program

Dilaksanakan pada 17-20 Juli 2021, program kerja tersebut mendapatkan tanggapan yang beragam. Sebagian orang tua telah memahami materi edukasi dan sebagian lainnya meminta untuk diskusi lebih lanjut. Dengan adanya program kerja ini, diharapkan orang tua yang memiliki anak dalam masa pertumbuhan dapat lebih memahami tentang pentingnya mengajarkan bahasa yang benar pada anak-anaknya serta lebih mengamati perkembangan kemampuan berbahasa mereka.

Penulis: Anastasia Intan Wardyani, Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Suryanti, Mpi