COVID-19 MELONJAK! MAHASISWI UNDIP AJAK WARGA INGAT PENTINGNYA MEMAKAI MASKER DOBEL

Gambar 1. Ilustrasi Orang memakai Masker Dobel

SURAKARTA, Sangkrah (05/8/21) – Pandemic Covid-19 belum berakhir di Indonesia. Sudah hampir dua tahun pandemic covid-19 masih menjadi pemasalahan masyarakat. Munculnya varian baru, yaitu delta membuat masyarakat menjadi lebih mengantisipasi diri kembali. Pasalnya, virus covid-19 varian delta ini, memiliki penyebaran yang sangat cepat. Hanya berpapasan selama lima detik saja sudah menimbulkan penularan. Varian ini berbeda dengan varian covid-19 sebelumnya. Varian delta adalah varian yang ganas pada saat pandemic covid-19 ini. Akibat varian baru tersebut, angka kasus covid-19 menjadi melambung tinggi.

Guna menyiapkan masyarakat dalam menghadapi permasalahan tersebut, Neviana Araafi Yustiano (21) sebagai mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021 dengan teman-temannya KKN yaitu Prafitriadisti Milenia (21) dan Salsa Hanifa (21), yang dibimbingi oleh dosen pembimbing bapak Susatyo Nugroho Widyo Pramono, ST., MM. Melakukan kegiatan sosialisasi di RT 04 RW 02, Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Program kegiatan yang dilakukan kami adalah mengajak muda-mudi untuk lebih menperketat dalam penerapan protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan menggunakan masker dobel.

Neviana (21), Disti (21), dan Salsa (21) memulai program KKN dengan mengajak muda-mudi Sangkrah untuk bergabung sosialisasi melalui platform Google Meet. Mengingat bahwa saat ini sedang dilaksanakannya kegiatan PPKM dari Pemerintah Indonesia dan melihat bahwa trend kasus Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat, sehingga kegiatan KKN Tim II harus dilakukan secara daring agar dapat menekan angka penyebaran Covid-19 dan membantu menyukseskan kegiatan PPKM yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah.

Gambar 2. Pelaksanaan Sosialisasi dan Edukasi melalui Google Meet

Masker dobel menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran virus tersebut. Masyarakat disarankan mulai sekarang untuk mnggunakan masker dobel, dobel dalam arti bukan medis dengan medis atau kain dengan kain. Namun masker dobel tersebut digabung, yaitu menggunakan masker medis terlebih dahulu kemudian ditimpa dengan masker kain. Karena tingkat keefetivitas masker dobel medis dengan kain memiliki 66-81%. Sedangkan masker medis tunggal hanya 43-62% lalu untuk masker kaun tunggak 41-44%. Artinya menggunakan masker dobel medis dengan kain memiliki proteksi yang lebih tinggi daripada menggunakan masker tunggal.

Trobosan yang dilakukan para mahasiswi KKN Tim II Undip ini, ternyata mendapat respon baik dari masyarakat yang menilai hal ini bermanfaat bagi Bersama. “Kegiatan Sosialisasi ini sangat memiliki manfaat karena saya menjadi mengerti tingkat filterisasi sebuah masker dobel. sehingga saya akan berusaha untuk menggunakan masker dobel.” ujar Rizka (22) selaku muda-mudi yang mengikuti kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya penggunaan masker dobel.

Penulis : Neviana Araafi Yustiano