MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO DORONG MASYARAKAT MEMANFAATKAN LAHAN KOSONG UNTUK MEDIA TANAM, TANAMAN OBAT KELUARGA

Pelaksanaan KKN TIM II 2020/2021

Penempelan Poster

Desa Jenggolo merupakan salah satu desa yang memiliki potensi pertanian yang besar memiliki tanah yang subur dan memiliki sumber air yang berasal dari sumur bor maupun sungai, dimana banyak sawah yang ditanami tanaman palawija dan padi. Wilayah pemukiman padat penduduk seperti di wilayah Perumahan Jenggolo Permai terdapat beberapa lahan kosong yang juga dimanfaatkan masyarakat sebagai media tanam berbagai macam tanaman mulai dari tanaman hias, tanaman obat, dan tanaman yang lain. Hal itu hanya berlaku untuk masyarakat yang memiliki lahan kosong yang cukup luas, masyarakat yang tidak memiliki lahan yang luas hanya menanam tanaman hias dan beberapa tumbuhan lain seperti cabai. Berangkat dari hal ini Mahasiswa Universitas Diponegoro berinisiatif untuk melakukan edukasi kepada masyarakat Perumahan Jenggolo Permai untuk menanam tanaman yang kaya akan manfaat yaitu Tanaman Obat Keluarga. Apalagi di masa pandemi Covid-19 masyarakat membutuhkan suplemen baik makanan maupun suplemen lain untuk meningkatkan imunitas tubuh, dimana tanaman obat keluarga memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Poster Manfaat Tanaman Obat Keluarga
Taman Tanaman Obat Keluarga

Edukasi dilakukan dengan membuat poster edukasi jenis dan manfaat tanaman obat keluarga yang mudah ditanam. Pembuatan poster juga diikuti dengan aksi menanam tanaman obat keluarga yaitu jahe, kunyit, dan kencur dalam pot polybag. Edukasi disampaikan melalui media group whatsapp kelompok Ibu-Ibu PKK dan Dasawisma RT 011/ RW 001. Jahe, kunyit, dan kencur merupakan tanaman obat yang mudah ditanam dan memiliki banyak manfaat.

Diharapkan melalui program ini masyarakat menjadi tahu manfaat tanaman obat keluarga dan ikut melakukan penanaman tanaman obat keluarga di lahan sempit perumahan.

Reportase Program 2

Penulis: Ardiansyah Bhakti Laksono/26030118120036/Perikanan Tangkap

DPL: Dr. Ir. Dwi Haryo Ismuniarti, M.Si

Lokasi KKN: Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur