PULIHKAN EKONOMI DI TENGAH PANDEMI MELALUI DIGITAL MARKETING

Nusukan, Surakarta (27/07/2021) Adanya pandemi covid-19 sejak kasus pertama telah menimbulkan dampak pada semua orang tanpa terkecuali. Tak jarang juga ditemui dampak negatif yang ditimbulkannya mulai dari kesehatan, aktivitas, hingga bisnis dan ekonomi. Hingga saat ini pun angka kasus covid-19 masih mengalami pasang surut sampai akhirnya kita sedang mengalami kenaikan drastis gelombang kedua karena adanya varian baru yang membuat kita harus melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di masa ini.

Dengan munculnya pandemi saja sudah membuat masyarakat terdampak terutama dalam bidang ekonomi, hingga adanya PPKM ini tentu menjadi tantangan yang lebih berat bagi sebagian masyarakat. Tak jarang dari masyarakat yang bahkan kehilangan pekerjaannya dan mencoba membuka bisnis kecil-kecilan demi bisa menyambung hidup keluarga. Oleh karena itu, Carolina Algista Z. P. seorang mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP Undip Angkatan 2018 dalam rangka merealisasikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 tahun 2021 hadir ditengah tengah masyarakat untuk melakukan sosialisasi terkait Digital Marketing melalui Google Meet dan video di Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Di tengah masa PPKM ini, Carolina berusaha menyesuaikan dengan peraturan yang ada untuk mengurangi adanya aktivitas tatap muka. Sehingga kegiatan sosialisasi dilakukannya melalui aplikasi Google Meet dengan memaparkan beberapa materi terkait digital marketing. Sosialisasi ini juga ia khususkan hanya kepada masyarakat yang telah memiliki bisnis skala kecil supaya lebih tepat sasaran, dengan tetap memperbolehkan apabila masyarakat yang lain ingin mengikuti sosialisasi yang dilakukan.

Tidak hanya mengenai digital marketing, Carolina juga menyampaikan materi terkait cara penggunaan aplikasi atau website Canva yang merupakan aplikasi untuk mengedit gambar untuk mempermudah masyarakat yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui digital marketing. Sehingga diharapkan dapat memudahkan masyarakat setempat dalam mendesain konten yang akan diunggah.

Sosialisasi juga dilakukan melalui berbagai cara, selain Google Meet Carolina juga membagikan video terkait cara penggunaan Canva supaya lebih mudah dipahami karena dapat diperhatikan dengan mendetail serta tidak diburu waktu, sehingga dapat diakses kapan saja saat dibutuhkan.

Bentuk terakhir dalam sosialisasi digital marketing yang dilakukan oleh Carolina adalah dengan mengunjungi langsung rumah warga setempat yang ingin mendaftarkan bisnisnya ke e-commerce dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Carolina berharap dengan program sosialisasi ini dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat setempat, serta dapat membantu usaha masyarakat untuk dapat berkembang ke ranah digital melalui digital marketing di Kota Surakarta, khususnya di Kelurahan Nusukan.

Penulis : Carolina Algista Z. P. / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

DPL : Ir. Wahju Krisna Hidajat., MT