Pembelah Desa Dadirejo

S__72867891

Tim KKN II Universitas Diponegoro yang berada di desa Dedirejo melakukan peninjauan terhadap Sungai Singkarang pada hari Minggu, 23 Juli 2017. Saat melakukan peninjauan, kami didampingi oleh warga desa setempat yaitu Pak Taung. Kebetulan Pak Taung memiliki sebuah perahu yang biasa ia gunakan untuk menulusuri sungai tersebut, kami diberi kesempatan untuk menikmati keindahan sungai Singkarang dengan menaiki perahu milik Pak Taung.

Sungai Singkarang merupakan sungai yang membelah Desa Dadirejo Barat dan Timur. Di sisi kanan dan kiri sungai banyak perkebunan yang dikelola oleh warga setempat. Keadaan Sungai Singkarang masih sangat bersih dan asri, sungai berwarna kehijauan serta tidak terdapat sampah. Menurut keterangan Pak Taung, karena memiliki potensi ikan yang banyak sungai ini sering dimanfaatkan warga untuk menyalurkan hobi mereka dalam memancing. Biasanya warga memancing pada malam atau pagi hari. Beberapa jenis ikan yang biasa didapat yaitu Ikan kakap, ikan belana, ikan nila, dsb.

Sungai ini cukup dalam dengan rata-rata kurang lebih 5 meter. Airnya memiliki arus yang tenang. Tetapi, apabila musim hujan arus akan menjadi lebih deras. Hal itu menyebabkan dapat terjadi banjir pada musim hujan, biasanya permukaan air naik sekitar 2 meter.

Sungai singkarang merupakan salah satu daya tarik Desa Dadirejo karena keindahannya yang belum tercemar akan tetapi masih perlu dikelola lebih lanjut agar dapat memaksimalkan potensi yang ada serta dapat menanggulangi kekurangan-kekurangan dari sungai tersebut.

S__72867889

pemandangan sungai_170727_0025

pemandangan sungai_170727_0015