Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Membuat Gerakan Baru! Gerakan Semprot Sana Semprot Sini Demi Mencegah Penyebaran Virus Covid19

Karangrejo, Semarang (19/07) – Pandemi Covid 19 telah melanda Indonesia lebih dari satu tahun. Mulai dari kasus pertama hingga sekarang, virus Covid 19 tidak berhenti untuk tersebar dan semakin berkembang. Segala ketentuan pemerintah telah dilakukan demi meminimalisir penyebaran virus Covid 19 ini. PSBB hingga PPKM telah diberlakukan yang dimana seluruh kegiatan  Akademik termasuk KKN harus dirumahkan. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata biasanya dilakukan langsung ke desa-desa, tetapi dengan adanya Pandemi Covid 19 KKN tahun ini dilakukan secara daring (online) di Kota asal masing-masing. 

Kegiatan KKN Pulang Kampung ini tidak membuat Mahasiswa Undip hilang semangat dalam menjalankan Kuliah Kerja Nyata ini, apalagi tema KKN kali ini adalah “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.” yang dimana Mahasiswa semakin semangat untuk membuat Program Kerja yang dimana memiliki output pembangunan yang berkelanjutan.

Mahasiswi Universitas Diponegoro ini merupakan salah satu peserta KKN TIM II yang melaksanakan KKN di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Gajahmungkur Semarang yang memiliki program kerja membuat gerakan baru, yaitu Gerakan Semprot Sana Semprot Sini. Program tersebut merupakan gerakan dimana agar warga kelurahan setempat mengerti pentingnya penyemprotan disinfektan secara berkala. 

Program dilaksanakan pada 19 Juli dengan membagikan Poster Infografis yang berisi informasi kepada warga RW 03 Kelurahan Karangrejo melalui aplikasi WhatsApp dan juga melakukan sharing dengan warga setempat melalui aplikasi ZOOM pada tanggal 26 Juli. 

Pelaksanaan program berjalan dengan baik dan lacar. Semoga dengan adanya gerakan ini, warga Kelurahan Karangrejo dapat memahami dan menyadari pentingnya kegiatan penyemprotan disinfektan secara berkala dan dengan begitu besar harapan gerakan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan kedepannya.

Penulis : Zahra Nabila (Fakultas Hukum-11000118130356)

DPL : Daud Samsudewa S. Pt, M. Si, Ph. D

Lokasi KKN : Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang.