Sering Diabaikan, Mahasiswa KKN Undip Ingatkan Pentingnya Pemeriksaan Kadar Kolesterol pada Lansia bagi Pengurus Posyandu

Semarang (06/08/2021) – Pandemi COVID-19 yang telah terjadi selama dua tahun kebelakang tentu berdampak besar bagi kehidupan sehari-hari masyarakat. Anjuran untuk di rumah saja dan tidak membuat kerumunan sebagai upaya pemutusan rantai penularan COVID-19 membuat banyak kegiatan dari berbagai sektor tidak bisa dilaksanakan. Begitupun dengan kegiatan posyandu lansia di RW 04 Kelurahan Jomblang yang terhenti sejak Maret 2020.

Padahal dalam kenyataannya, posyandu lansia masih menjadi tolak ukur dalam memantau dan meningkatkan kualitas hidup lansia, baik dari segi fisik maupun psikis. Menurut salah satu kader posyadu, Bu Windu, posyandu lansia biasanya diadakan setiap bulan sekali dengan agenda pemeriksaan tekanan darah bagi tiap lansia yang hadir. Hal tersebut kemudian membuat seorang mahasiwa KKN TIM II Undip, Savira Kinasih, tergerak untuk memberikan informasi dan mengingatkan para kader posyandu betapa pentingnya untuk melakukan pemeriksaan yang menyeluruh terhadap lansia, bukan hanya tekanan darah saja, tetapi dapat pula dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol.

Kadar kolesterol penting untuk dipantau karena menjadi hal krusial apabila kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh. Meskipun kolesterol merupakan komponen lemak yang sebanyak 75% dihasilkan oleh tubuh, tetapi 25% sisanya berasal dari makanan yang dikonsumsi tetap menjadi perhatian besar karena dapat menjadi faktor risiko penyebab tingginya kadar kolesterol dalam pembuluh darah.

Kegiatan sosialiasi dilakukan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan pada Kamis, 22 Juli 2021 di kediaman Ketua RW 04 dengan dihadiri oleh 5 kader posyandu. Materi disampaikan dalam bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti mulai dari apa itu kolesterol, jenis kolesterol, kadar kolesterol normal, faktor risiko penyebab kolesterol, hingga cara mengontrolnya. Tak hanya itu, mahasiswa KKN juga mengingatkan komplikasi yang dapat terjadi jika kadar kolesterol terlalu tinggi, seperti stroke dan jantung koroner karena sumbatan dari hasil penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

Penyampaian Materi oleh Mahasiswa KKN Mengenai Pentingnya Pemeriksaan Rutin Kadar Kolesterol pada Lansia bagi Kader Posyandu RW 04 Kelurahan Jomblang

Kemudian dilakukan demonstrasi penggunaan alat untuk pemeriksaan kadar kolesterol oleh mahasiswa KKN. Kader posyandu terlihat sangat antusias karena sebelumnya tidak mengetahui cara penggunaan alat tersebut secara langsung. Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan pemeriksaan kadar kolesterol bagi para kader posyandu secara gratis.

Pada akhir sesi, mahasiswa KKN memberikan alat pemeriksaan kadar kolesterol kepada posyandu lansia RW 04 Kelurahan Jomblang agar dapat digunakan dan diterapkan pada kegiatan posyandu saat sudah berjalan kembali. Tak hanya itu, dibagikan juga leaflet dengan isi materi sesuai apa yang telah disampaikan sebagai bekal para kader posyandu untuk membantu mengingatkan dan memantau kadar kolesterol para lansia di wilayah tersebut.

Alat Pemeriksaan Kadar Kolesterol yang Diberikan kepada Posyandu RW 04 Kelurahan Jomblang
Penyerahan Leaflet kepada Kader Posyandu

Reporter: Savira Kinasih Rusmana Putri / 22010118120067 / Kedokteran 2018
Editor: Laura Andri Retno Martini, SS, MA