Lawan Hoaks Vaksin COVID-19, Mahasiswa KKN “Enggak Usah Takut Pak Bu, Ayo Vaksin”

Kasus COVID-19 yang terus bertambah dan memakan banyak korban membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang menerima vaksin. Pentingnya melakukan vaksinasi memiliki tujuan yaitu menciptakan herd immunity atau kekebalan komunitas, yaitu melindungi seluruh warga Indonesia terutama bagi mereka yang tidak bisa menerima vaksin karena faktor usia atau pun faktor lainnya seperti penyakit penyerta. Program vaksinasi oleh Pemerintah Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Semarang untuk mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi. 

Berdasarkan pernyataan setelah dilakukannya wawancara kepada Bapak Windu selaku Ketua RW 04 Kelurahan Jomblang, didapatkan informasi bahwa warga sekitar RW 04 yaitu dimulai dari RT 01-05 sudah mulai banyak yang menerima vaksin. Namun masih ada beberapa warga yang masih takut dan enggan untuk melakukan vaksinasi. Banyaknya berita dan informasi simpang siur di berbagai media sosial yang mereka terima, membuat mereka berpikiran bahwa vaksinasi COVID-19 menimbulkan banyak reaksi dan gejala yang menyeramkan. 

Berdasarkan hasil diskusi dengan Ketua RW 04 terhadap permasalahan yang ada, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat program berupa “Edukasi Pentingnya Melakukan Vaksinasi Covid-19 pada Masyarakat bagi Kader Posyandu di Wilayah RW 04 Kelurahan Jomblang”. Tujuan dilakukannya pemberdayaan terhadap para kader posyandu, diharapkan program akan terus dilanjutkan sehingga memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar. 

Program ini dihadiri oleh 5 kader posyandu pada Rabu, 21 juli 2021 di kediaman Bapak Windu. Pelaksanaan program secara offline tetap memperhatikan dan menjaga protokol kesehatan. Program dalam bentuk sosialisasi tentang apa itu vaksinasi, manfaat dari vaksin, siapa saja yang bisa menerima vaksin, efek samping atau KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi), bagaimana mengatasinya, dan masih banyak informasi terkait vaksinasi COVID-19. Pelaksanaan program dapat dikatakan berjalan dengan sangat lancar. Melihat para kader posyandu yang mencatat informasi yang diberikan oleh mahasiswa, kemudian juga interaksi tanya jawab pada akhir sesi. Tidak lupa mahasiswa KKN Universitas Diponegoro memberikan brosur dengan harapan dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk warga sehingga mau melakukan vaksinasi pada masa pandemi ini. 

Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi COVID-19 pada Kader Posyandu