Mendorong Usaha Bisnis Mikro: “Strategi Pemasaran Digital Dongkrak Bisnis semasa Pandemi” untuk SDGs ke-16.
Kebayoran Lama Selatan (22/07) – Pada hari Kamis, mahasiswa telah melaksanakan program sebagai implementasi Sustainable Developments Goals (SDGs) yang mengusung tema digitalisasi marketing. Program dilaksanakan dengan pemberian dan pemasangan poster pada titik-titik strategis di daerah RW02 bersama dengan kader-kader puskesmas setempat dan ketua RW.
Program diawali dengan pembukaan yang dilakukan bersama 7 orang, termasuk ketua RW, dua ketua RW, dan lima wakil kader di daerah RW. Pada pukul 10.00 dibukan dengan pembukaan oleh ketua RW, Yatno Hidayat selama sepuluh menit dan dilanjutkan oleh mahasiswa selama lima menit.
Setelah dilakukan pembukaan, mahasiswa menyerahkan poster kepada dua ketua RT untuk dilakukan pemasangan di titik-titik yang mereka ketahui bersama dengan informasi untuk melakukan penyuluhan dengan masyarakat atau warga mengenai informasi ini. Booklet dapat diakses juga dengan melalui link yang telah disebarkan pada grup RT/RW yang ada. Hal ini bertujuan agar materi dan penyuluhan sampai pada masyarakat luas dan warga yang membutuhkan bantuan dan informasi, juga sebagai penunjang sosialisasi salah satu aspek SDGs di masa pandemi COVID-19 ini.
Pemasangan poster betujuan agar masyarakat dapat mengakses materi yang telah dibuat sebagai bahan pembantu dalam mendongrak digitalisasi pada proses aktivitas UMKM di lokasi RW02, Keb. Lama Selatan. Kader PKK membantu mahasiswa dalam melakukan organisasi penempatan poster, pengumuman kepada masyarakat, pemberian kepada ketua RT, dan penyuluhan lanjutan yang akan mereka laksanakan melalui survei harian mereka pada wagr-wagar di RW02, Keb. Lama Selatan
Seluruh rangkaian kegiatan kemudian dilakukan follow-up dengan berbagai aktivitas yang akan dilanjutkan bersama kader PKK bersama mahasiswa dalam melakukan penyuluhan materi kepada warga setempat agar tujuan dan sasaran program tercapai, yaitu kesadaran warga, terutama pihak bisnis mikro, mengenai digitalisasi pemasaran yang dapat membantu UMKM selamat selama pandemi COVID-19.