Tetap Nyaman dan Produktif. Mahasiswa Undip Jelaskan WFH yang Ergonomis!

Semarang — Kurang dari satu setengah tahun pandemi Covid – 19 melanda Indonesia, banyak hal terjadi pula selama kurun waktu tersebut. Dalam waktu yang panjang tersebut, Covid – 19 terus berevolusi menjadi lebih ganas dan menular. Varian-varian baru terus bermunculan seolah tidak ada hentinya.

Tentu saja hal tersebut akan membuat keketatan prokes yang semakin ketat, dan prokes yang semakin ketat berpotensi membuat kita semakin sering melakukan seluruh aktivitas dari rumah atau work from home. Work From Home atau (WFH) yang terus menurus berpotensi buruk terhadap kondisi kesehatan fisik. Hal tersebut mampu memengurangi produktivitas kita, terlebih di kondisi seperti saat ini yang sering membuat kita mudah jenuh.

Bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan KKN Undip bertema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kuliah Kerja Nyata”, mahasiswa Tim 2 KKN Undip 2021 di Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Semarang, melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai WFH yang sehat dan produktif yang dikemas melalui video yang menarik dan eye-catching. Hal tersebut dilakukan agar program dapat masuk di semua kalangan dan mampu menarik perhatian. Video tersebut berisikan infografis mengenai penyakit-penyakit yang mungkin diderita akibat WFH, serta cara menjaga tubuh agar tetap sehat secara fisik dan tetap produktif selama WFH. 

Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan mahasiswa KKN tersebut, memperlihatkan bahwa keterbatasan selama PPKM tidak menyurutkan semangat para mahasiswa. Mahasiswa terus merespon keadaan dengan kreatif demi tercapainya tujuan kegiatan KKN. Hal tersebut terbukti dengan program kegiatan yang tetap bisa berjalan lancar meski pemerintah melarang pertemuan secara langsung dan berkerumun. 

Semangat mahasiswa ini direspon positif oleh Ketua RW 04, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Bapak Achmad Syaifudin. Tidak hanya beliau, para warga, seperti bapak Basuki dan Bapak Firdian yang merupak warga RW 04 Kelurahan Suurboto, Kecamatan Banyumanik, juga merespon hal tersebut dengan sangat baik. Harapannya, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa ini mampu membuat warga tetap sehat dan merasa nyaman di tengah keadaan pandemi yang saat ini cukup keos.

Penulis: Ardhiatma Aziz (Teknik Industri/FT)

Dosen Pembimbing KKN: Dinalestari Purbawati, S.E., M.Si., Akt