WOW !! MAHASISWA KKN UNDIP MELATIH WARGA MEMBUAT TEMPAT SAMPAH PILAH DAN MENGEDUKASI PEMILAHAN SAMPAH

Toraja Utara (24/07) Program kerja KKN pulang kampung tahun ini dilaksanakan dengan dua tema utama, yaitu berhubungan dengan COVID-19 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Sustainable Development Goals (SDGs) memiliki 17 tujuan yang akan dicapai. Adapun tujuan SDGs pada nomor 12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab, dimana tujuan tersebut secara substansial untuk mengurangi produksi dan konsumsi melalui tindakan pencegahan, pengurangan, daur ulang dan penggunaan kembali. Dengan mengusung tema “Pelatihan Pembuatan Tempat Sampah Pilah Organik dan Anorganik Bagi Ibu-Ibu PKK dan Karang Taruna Kelurahan Tallunglipu, Toraja Utara yang Sadar Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab”.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Periode 2021 melakukan kegiatan di Kelurahan Tallunglipu yaitu dengan pelatihan pembuatan tempat sampah pilah organik dan anorganik untuk dipasang di tempat umum warga, serta sosialisasi mengenai pemilahan sampah melalui poster. Kegiatan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada. Kegiatan awalnya dilakukan dengan pelatihan pembuatan tempat sampah pilah organik dan anorganik dari barang-barang yang murah dan mudah didapatkan, setelah itu dilakukan sosialisasi mengenai pemilahan sampah melalui poster.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menghindari terjadinya penumpukan sampah yang bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang merupakan penyebab utama penyakit, selain itu masyarakat mampuh membuat tempat sampah pilah organik dan anorganik sendiri.

Penulis : Dwioktami Tumale Kobba (FSM_Bioteknologi)

DPL : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.