Murah dan Mudah Didapat, Mahasiswa KKN Tim II Undip Sulap Daun Kemangi dan Lidah Buaya Jadi Hand Sanitizer Alami

Congol, Karangjati (06/08/2021) – Saat ini, seluruh masyarakat dunia khususnya Indonesia masih terdampak efek pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 yang terjadi menjadikan masyarakat harus lebih berhati hati. Masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan untuk mencegah COVID-19 yaitu dengan mencuci tangan. Hand Sanitizer sebagai alat untuk mencuci tangan menjadi trend di kalangan masyarakat saat ini. Selain efisiensi waktu, penggunaannya dinilai lebih praktis dibandingkan dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

(Poster penjelasan sebagai media kegiatan KKN program kerja 2)

Pemanfaatan potensi alam yang ada di sekitar sebagai bahan dasar pembuatan Hand Sanitizer menjadi salah satu alternatif. Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah daun kemangi (Ocimum Basilicum) karena memiliki kandungan kimia aktif di dalamnya, antara lain: minyak atsiri, alkaloid, senyawa fenolik, tanin, saponin, flavonoid, terpenoid dan antrakuinon yang berfungsi sebagai anti bakteria. Selain daun kemangi, daun lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan hand sanitizer. Dengan adanya permasalahan dan potensi yang ada, mahasiswa Undip merancang program kegiatan “Pembuatan Hand Sanitizer Alami Ekstrak Daun Kemangi dan Lidah Buaya” yang bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan potensi alam yang mudah didapat dan ada di sekitar untuk membuat hand sanitizer secara mandiri dengan harga terjangkau.

(Cuplikan respon masyarakat saat kegiatan berlangsung melalui grup whatsapp)

Program kerja 2 dilaksanakan secara diskusi online melalui grup whatsapp RW 02, Dusun Congol sama seperti program kerja 1 dikarenakan kasus pandemi COVID-19 di Dusun Congol yang makin bertambah. Materi program kerja berupa poster pembuatan hand sanitizer alami berbahan dasar daun kemangi dan lidah buaya yang dibagikan melalui grup whatsapp dan ditempel di berbagai sudut wilayah RW 02, Dusun Congol.

Penulis : Ajeng Sekar Pratiwi, 23020218130044 (Agroekoteknologi/ Fakultas Peternakan dan Pertanian)

Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Suryanti., M.Pi.