Dari Pelonjakkan hingga Penurunan Kasus Covid-19, Begini Hasil Rekap Data Kasus Covid-19 Bulan Juli di Sektor Kelurahan

Database Kasus Covid-19 Daerah Gedawang

Kelurahan Gedawang, Semarang (4/8/2021) – Bulan Juli yang lalu terutama pada awal Juli, Covid-19 dikatakan sempat mengalami pelonjakkan kasus yang signifikan, hal ini menyebabkan banyak pihak contohnya pada sektor kelurahan membutuhkan bantuan untuk penanganan kasus Covid-19 yang sempat melonjak di awal Juli. 

Beberapa tindakan telah dilakukan untuk menangani kasus Covid-19, contohnya pada Kelurahan Gedawang(Semarang), salah satu tindakan yang dilakukan adalah membuat rekapitulasi data untuk kasus C0vid-19 untuk bulan Juli, pembuatan rekap data tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pihak kelurahan dengan mahasiswa KKN UNDIP, pertemuan antara pihak kelurahan dan mahasiswa KKN dilaksanakan terlebih dahulu untuk membahas pendataan kasus Covid-19 yang terjadi di Kelurahan Gedawang. KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Diponegoro memprioritaskan penggunaan media digital dan online guna mengurangi penyebaran Covid-19 yang sedang marak terjadi.

Dari data yang masuk, Minggu Pertama tepatnya pada tanggal 3 hingga 10 Juli merupakan titik puncak dari kasus, data yang masuk menunjukkan hingga 74 kasus, dari yang awalnya sebanyak 5 data yang masuk pada 3 Juli hingga mengalami peningkatan kasus dari tanggal 4 hingga 10 Juli, peningkatan yang terjadi adalah pada tanggal 4 hingga 6 Juli, tercatat data yang masuk sekitar 10 kasus tiap harinya, namun akhirnya mengalami sempat mengalami penurunan kasus sekitar 6-7 kasus pada tanggal 7 hingga 9 Juli, sedangkan pada 10 Juli tercatat sebanyak 10 kasus yang masuk.

Pada Minggu Kedua tepatnya pada tanggal 11 hingga 17 Juli, kasus mulai mengalami penurunan cukup signifikan, data yang masuk pada minggu kedua sebanyak 29 kasus, setiap harinya tidak sampai 10 kasus yang masuk, bahkan pada tanggal 14 dan 16 Juli tidak ada kasus yang masuk.

Minggu Ketiga tepatnya tanggal 18 hingga 24 Juli, kasus mengalami penurunan kembali, tercatat hanya 1 kasus yang masuk pada minggu ketiga yaitu pada tanggal 19 Juli. Dan akhirnya pada minggu keempat atau akhir Juli tepatnya pada tanggal 25 hingga 31 Juli, tidak terdapat kasus sama sekali.

Pembuatan rekap data kasus Covid-19 tersebut akan digunakan untuk mempermudah pihak kelurahan dan puskesmas dalam mendata kasus Covid-19 yang terjadi di kelurahan tersebut.

Penulis : Elvitro Gumelar Agung – (FT – Teknik Komputer)

Dosen Pembimbing : Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si. 

Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik

KKN Undip Tim II Kota Semarang 2021