JANGAN ABAI! INILAH CARA MEMILIH DAN MENJAGA PRODUK SEGAR PERIKANAN DI MASA PANDEMI

SEMARANG (7/8) – Pandemi Covid-19 belumlah usai. Meningkatkan imun tubuh menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Imun dapat dioptimalkan jika tubuh senantiasa diberi asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, yang terpenting dan acap kali dipandang sebelah mata yaitu apakah sumber nutrisi yang dibeli benar-benar aman dikonsumsi atau tidak. Terkait dengan infeksi Covid-19, yang semestinya perlu dipikirkan juga apakah produk makanan, terutama produk segar perikanan,yang memungkinkan dapat menularkan virus.

Berangkat dari hal di atas, Rayhan Arif Krishnamurti, mahasiswa KKN Tim II Undip 2021, melakukan program sosialisasi cara memilih dan menjaga produk segar perikanan di masa pandemi Covid-19. Sosialisasi dilakukan via grup whatsapp PKK Kelurahan Bulusan, Semarang, pada Jumat (6/8/2021). Pada sosialisasi tersebut, Rayhan menjelaskan tentang cara memilih produk segar perikanan yang baik dengan memperhatikan kondisi fisik dan tak lupa memberi edukasi bagaimana ciri-ciri produk segar perikanan yang tidak layak beli. Kemasan atau wadah yang dipakai juga harus diperhatikan dengan baik karena kemasan seperi plastik atau kardus menurut penelitian dapat sebagai tempat berlindung bagi virus. Kemudian juga dijelaskan bagaimana cara menjaga produk segar yang dibeli agar tetap segar dan tahan lama. Di samping itu, ibu-ibu PKK diingatkan mengenai berbelanja ke pasar atau pusat perbelanjaan lainnya secara efektif dan efisien. Hal tersebut dimaksudkan guna meminimalisir berkunjung di kerumunan.

Pemberian Poster Sosialisasi kepada Perwakilan Anggota PKK Kelurahan Bulusan

Tidak berhenti di grup whatsapp saja, sosialisasi juga dilakukan di Kantor Kelurahan Bulusan dengan menemui beberapa pegawai dan anggota PKK yang ada kemudian menjelaskan poster yang telah disiapkan. Banyak pertanyaan yang muncul sehingga sosialisasi berjalan dengan baik dan seru.

Dengan dilakukannya sosialisasi cara memilih dan menjaga produk segar perikanan di masa pandemi Covid-19, diharapkan masyarakat lebih awas dan bijak dalam membeli produk segar perikanan.

Poster Edukasi Cara Memilih dan Menjaga Produk Segar Perikanan di Masa Pandemi

Penulis: Rayhan Arif Krishnamurti (Akuakultur/FPIK)

Dosen Pembimbing: Agus Naryoso, S.Sos, M.Si.