Deteksi Risiko Covid-19 dari Handphone, Mahasiswa Undip Kenalkan Aplikasi InaRisk Personal

Ngablak, Magelang (04/08) – Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 sosialisasikan penggunaan aplikasi Inarisk Personal kepada warga Desa Ngablak guna mengetahui informasi tingkat bahaya Covid-19 daerah setempat.

Untuk menghindari kerumunan dan mengurangi interaksi langsung dengan warga, sosialisasi yang dimulai tanggal 24 Juli 2021 sampai 4 Agustus 2021 dilakukan secara daring dengan membagikan poster ke warga desa melalui WhatsApp dan menempelkan poster di beberapa tempat di Desa Ngablak. Dalam poster ini memuat penjelasan singkat mengenai aplikasi InaRisk Personal dan langkah penggunaan aplikasi untuk kasus Covid-19 yang disertai dengan gambar untuk mempermudah memahami informasi.

Pelaksanaan sosialisasi melalui WhatsApp

Penempelan poster
Poster

Sebagaimana diketahui, InaRisk Personal merupakan aplikasi berbasis Android dan iOS buatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dapat menampilkan tingkat bahaya bencana di suatu wilayah, sekaligus rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasinya. Melalui aplikasi ini, masyarakat diharapkan untuk selalu waspada akan potensi-potensi bencana yang akan terjadi. Salah satu fitur yang disediakan aplikasi ini adalah informasi mengenai tingkat bahaya untuk kasus Covid-19 yang hingga saat ini masih mewabah di berbagai tempat. Dengan aplikasi InaRisk Personal ini juga dapat dilakukan penilaian mandiri untuk mengetahui tingkat risiko pribadi terkait Covid-19.

Sejumlah warga penasaran dan antusias karena sebelumnya belum mengetahui adanya aplikasi ini.

“Wahh.. makasih banyak mbak. nanti aku coba dulu ya mbak”, respon salah satu warga.

Dengan adanya sosialisasi aplikasi InaRisk Personal ini, diharapakan warga Desa Ngablak dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetahui risiko bencana di wilayah setempat baik risiko penyebaran Covid-19 maupun bahaya bencana lainnya.

Penulis: Iftahli Nurol Ilmi

DPL: dr. Rani Tiyas Budiyanti, M.H