Peningkatan Kualitas Pangan, Mahasiswa Undip Kenalkan Pembuatan Pestisida Nabati yang Aman Tanpa Bahan Kimia

Ngablak, (6/8/2021) Tim ll KKN Undip melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pembuatan pestisida nabati dari bahan tembakau. Kegiatan sosialisasi dan pembuatan pestisida nabati berlokasi di Desa Ngablak, Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Desa Ngablak merupakan desa yang terletak di dataran tinggi dengan ketinggian rata – rata 1.370 mdpl, memiliki tanah yang subur dan menjadi kawasan pertanian penghasil sayuran yang berkualitas.

Usaha budidaya tanaman pertanian tidak terlepasa dari serangan hama yang dapat menyebabkan kegagalan panen, penggunaan pestisida kimia dalam pengendalian hama sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan petani yang terpapar pestisida secara langsung serta hasil panen yang dihasilkan akan mengandung bahan kimia. Pestisida kimia juga akan berdampak bagi hama diantaranya menyebabkan terjadinya resistensi atau kekebalan pada hama akibat pestisida kimia. Hama yang kebal akan memaksa petani untuk menggunakan pestisida kimia dengan dosis tinggi atau beralih menggunakan pestisida lain yang lebih baik dengan harga yang lebih mahal.  

Hasil pestisida nabati dari tembakau
Poster pembuatan pestisida nabati

Dalam upaya untuk peningkatan hasil panen dan meingkatkan kualitas pangan, maka dilakukan pembuatan pestisida nabati dari bahan tembakau yang mampu mengendalikan berbagai hama yang menyerang tanaman budidaya terutama jenis serangga karena pada tembakau terkandung zat nikotin, sejenis neurotoksin yang dapat mengusir dan membunuh serangga. Pestisida nabati memiliki kelebihan diantaranya adalah dapat dibuat sendiri karena terbuat dari bahan yang mudah didapatkan dan pembuatannya mudah, aman bagi lingkungan karena mudah terurai, memiliki resistensi hama yang kecil karena mengandung senyawa aktif alami dan menghasilkan produk pertanian yang sehat karena bebas residu pestisida kimia.

Cara pembuatan pestisida nabati dari tembakau adalah sebagai berikut :

  1. 250 gram daun tembakau kering direndam kedalam air 5 liter selama 24 jam
  2. Saring air rendaman daun tembakau dan tambahkan detergen sebanyak 2 sendok teh
  3.  Pestisida nabati dapat diaplikasikan dengan cara menyemprotkan pestisida ke tanaman budidaya

Bahan yang digunakan untuk pestisida nabati tidak hanya dari daun tembakau saja, dapat dibuat dari lengkuas, jahe, cabai, bawang putih, daun pepaya daun sirsak dan masih banyak lagi, dengan pengolahan sertiap bahan yang berbeda untuk menghasilkan pestisida nabati untuk menghasilkan  efektifitas tinggi dalam pengendalian hama.

 Penulis  : Pamungkas Nur Pradipta – Agroekoteknologi FPP UNDIP

 Dosen Pembimbing Lapangan  : dr. Rani Tiyas Budiyanti M.H (FKM)