PPKM Darurat atau PPKM Level 3 dan 4 Diperpanjang, Mahasiswa Undip Berikan Edukasi Akan Pentingnya Makan ikan Bagi Imunitas Tubuh di Masa Pandemi saat ini.

Kelurahan Kedungmundu, Kota Semarang (Selasa, 03 Agustus 2021) Indonesia mengalami peningkatan kasus positif Covid-19 setiap harinya. Masyarakat masih banyak yang tidak mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan berkerumunan bahkan di masa Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat ini. Mengkonsumsi makanan bergizi sangat di butuhkan pada masa pandemi saat ini karena dengan makanan yang bergizi maka akan memperkuat imunitas tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit terutama virus Covid-19 saat ini. Ikan menjadi salah satu makanan dengan gizi tinggi yang mudah dicari di pasaran dan dengan harga yang terjangkau. Berdasarkan hal ini, salah satu mahasiswa dari program studi Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro yang bernama Lakhifur Rohman PP. memberikan solusi dengan memberikan edukasi pentingnya masyarakat mengkonsumsi ikan kepada warga RT 07 kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, kota Semarang dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Edukasi GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dilaksanakan secara online dengan pemberian Booklet kepada ibu – ibu RT 07 pada tanggal 03 Agustus 2021 dan penempelan poster di warung dan poskamling. Kegiatan di lakukan secara online di karenakan masih diberlakukannya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

Sosialisai Gemarikan

 Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Selain itu, kandungan lemak jenuhnya juga rendah, sehingga baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang dalam diet. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. Kandungan gizi ikan meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3 yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan asam amino dan omega 3 pada ikan juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan yang bersumber dari protein lainnya. Ikan mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, Thiamin, Riboflavin,dan Niacin. Berdasarkan dari sumber laman kkp.go.id.

Manfaat dari mengkonsumsi ikan bagi tubuh adalah sebagai berikut :

  • Kaya akan kandungan nutrisi
  • Menurunkan resiko serangan jantung dan stroke
  • Meningkatkan kinerja otak
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Menurunkan rsiko kangker
  • Menurunkan resiko penyakit autoimun
  • Sumber vitamin D yang baik

Berdasarkan program ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mengkosumsi makanan bergizi di masa pandemi saat ini terutama dengan mengkosumsi ikan agar dapat meningkatkan imun tubuh dan terhindar dari virus Covid-19.

Oleh: Lakhifur Rohman PP, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Departemen Akuakultur

DPL: Drs. Eko Apriyanto, M. T.

Lokasi KKN: RT 07 Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.