Kreatif! Mahasiswa Rancang Program Edukasi Protokol Kesehatan melalui Poster Kreatif

[01/08/21]Penyebaran virus Covid-19 telah memberikan dampak yang luas dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Berdasarkan data pada laman covid.go.id, terhitung pada tanggal 12 Juni 2021, Indonesia telah mencatatkan sebanyak 2,56jt kasus terjadi dengan 67.355 diantaranya meninggal dunia. Epidemiologi Pandu Riono melalui kanal youtube Hersubeno Point mengatakan bahwa besarnya jumlah kasus yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh sikap acuh masyarakat dalam menyikapi pandemi yang terjadi. Salah satu metode yang efektif dalam mengurangi penyebaran virus adalah meningkatkan kesadaran dalam hidup bermasyarakat terutama dalam berinteraksi satu sama lain dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan KKN penulis dilaksanakan di RW21 Pucangjajar Timur Desa Batursari, Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Jawa Tengah, dimulai pada 30 Juni 2021 s/d 12 Agustus 2021. Program KKN yang diberlakukan oleh pemerintah mengharuskan penulis untuk melaksanakan program KKN secara daring untuk memitigasi resiko penyebaran virus covid-19 serta mengharuskan peserta KKN untuk menerapkan protokol kesehatan ketat jika diperlukan kontak dengan masyarakat sekitar.

Media yang inovatif menjadi salah satu cara dalam mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan salah satunya adalah melalui poster yang menarik. Poster yang dibuat oleh penulis memuat topik mengenai Protokol kesehatan yang terdiri dari gerakan 5M sebagai berikut :

Semoga program tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatan kesadaran masyarakat dalam menaati protokol kesehatan serta meningkatkan pengetahuan atas manfaat tanaman obat sebagai media pengobatan alami yang murah dan mudah dijangkau, sehingga diharapkan masyarakat RW21 Pucangjajar Timur, Desa Batursari dapat menjalankan aktivitas secara aman serta turut berpartisipasi dalam menekan penyebaran virus covid-19.

Penulis : Ahmad Sakur mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika

DPL : Dyah Wijaningsih, SH. MH.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.