Perilaku Konsumen Berubah Seiring Pandemi Covid-19, Mahasiswa Undip Ajak Pelaku UMKM untuk Mengimplementasikan Digital Marketing melalui Optimalisasi Fitur Rating & Ulasan pada Google Maps

Sleman, DI Yogyakarta (7/8/2021) – Sejak digaungkannya New Normal pada perekonomian Indonesia, banyak aspek perekonomian yang harus melaju bersamaan menuju transformasi yang sejalan dengan perubahan yang ada. UMKM sebagai penyumbang PDB terbesar di Indonesia menjadi salah satu sektor perekonomian yang dituntut untuk melakukan transformasi digital. Tentunya, hal tersebut perlu pemanfaatan teknologi untuk membangun UMKM yang mampu mengikuti perubahan perilaku konsumen.

Dilansir dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Deloitte, pandemi membawa perubahan salah satunya pada pola dan faktor – faktor pertimbangan pada keputusan konsumsi di kala Pandemi dan keberlanjutannya pasca Pandemi atau Era New Normal. Online Reviews atau ulasan secara online menjadi salah satu faktor penting saat pandemi dan semakin menguat setelah pandemi atau Era New Normal.

Menanggapi hal tersebut, mahasiswi Manajemen Universitas Diponegoro (UNDIP) Dewi Amartya melalui program kerja Kuliah Kerja Nyata bersinergi bersama Pelaku UMKM dilingkup RT 01 RW 38 Perumahan Griya Ketawang Permai untuk melakukan optimalisasi fitur rating dan ulasan pada Google Maps lokasi usaha. Masing – masing usaha sudah mendaftarkan titik lokasi usaha pada Google Maps, tetapi tidak mengoptimalkan fitur rating dan ulasan sebagai salah satu bentuk pemasaran digital untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Kebetulan, usaha yang aktif berdiri menawarkan jasa sebagai produknya, yaitu Salon dan Laundry, sehingga rating dan ulasan ini menjadi faktor yang lebih harus dipertimbangkan. Disamping itu, Pelaku UMKM juga mengeluhkan berkurangnya pelanggan – pelanggan tetap yang menyebabkan omset usaha menurun selama Pandemi Covid – 19. Oleh karena itu, perlu dilakukan re-branding untuk menarik pelanggan – pelanggan baru.

Program tersebut secara kreatif dilakukan oleh Dewi baik dalam penyampaian edukasi terkait Digitalisasi Marketing melalui Optimalisasi Fitur Rating dan Ulasan pada Google Maps maupun tindak lanjutnya. Video animasi berdurasi 4 menit 15 detik yang diunggah ke youtube menjadi media edukasi yang cukup menarik  untuk dibagikan kepada pelaku UMKM dan disertai penawaran khusus untuk penyediaan poster dan stand mini berisi tutorial memberikan Rating dan Ulasan untuk memudahkan pelanggan.

Harapannya, sebuah langkah untuk re-branding digital marketing ini mampu membangkitkan dan meningkatkan pendapatan usaha pelaku UMKM untuk tetap bertahan disituasi Pandemi Covid-19 dan siap menghadapi tantangan baru di Era New Normal.