MAHASISWA KKN UNDIP DAN UMKM SALING BEKERJA SAMA SECARA ONLINE DALAM DIGITAL MARKETING

Kabupaten Tegal (08/08/2021), Media sosial atau jejaring sosial menjadi platform yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Jejaring sosial yang tersedia terkadang memiliki beberapa perbedaan. Beberapa media sosial hanya berfokus pada pertemanan seperti Facebook, Path, Instagram, dan Twitter, ada pula yang khusus untuk mencari dan membangun relasi seperti yang ditawarkan Linkedin. Selain itu tersedia pula media yang lebih pribadi seperti electronic mail (e-mail) dan pesan teks. Search engine seperti Google dan Yahoo pun dapat diberdayakan. Dengan cara ini para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan media blog maupun website pribadi.

Digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa di akses ke seluruh dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet, kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya.

Pelaku UMKM menyatakan bahwa penggunaan digital marketing membantu mereka dalam menginformasikan dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Para pelaku UMKM mengatakan bahwa penggunaan digital marketing memperluas pangsa pasar mereka, meningkatkan awareness bagi konsumen karena pelaku UMKM rutin memperbarui informasi mengenai produk setiap hari sekali serta meningkatkan penjualan atas produk UMKM tersebut.

Dengan demikian disini mahasiswa Undip yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM yang mana berada di desa Pacul, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal. Pelaku UMKM disini akan mendapatkan pembelajaran mengenai Digital Marketing, atau bagaimana cara melakukan strategi pemasaran yang dapat mengikuti perkembangan di zaman modern ini dimana pemasaran tersebut dilakukan secara online melalui salah satu platform media sosial. Dengan strategi pemasaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan atas produk UMKM yang mana hal tersebut pada nantinya dapat juga memberikan peningkatan ekonomi terhadap UMKM yang bersangkutan. Disini mahasiswa KKN Undip memberikan pembelajaran dan pelatihan mengenai strategi pemasaran melalui aplikasi instagram. Diharapkan nantinya pelaku UMKM ini dapat terus menerapkan strategi pemasaran online ini agar dapat terus mengalami peningkatan atas produk penjualannya.

Nama Mahasiswa : Hanafiyah Arya Nashuha/Ilmu Hukum/11000118130437

DPL : Asri Nurdiana, S.T., M.T.