Mahasiswi KKN Tim II Undip Memberikan Edukasi Digital Marketing Bisnis Tanaman Bunga Telang Pada Masa Pandemi

(Semarang, 8/8/2021) Dalam situasi pandemi COVID-19, dimana hampir sebagian besar usaha terjadi penurunan omset. Penyebaran virus ini memberikan dampak bagi pelaku UMKM di Indonesia dan mengalami penurunan pada perekonomian UMKM. Banyak sekali UMKM yang gulung tikar, namun masih ada beberapa bisnis yang mendapatkan banyak keuntungan dari hasil penjualan produknya diantaranya bisnis alat kesehatan, bisnis makanan/minuman sehat, bisnis jamu herbal, bisnis berbasis hobby diantaranya bisnis tanaman hias seperti tanaman bunga telang yang mempunyai banyak manfaatnya.

Karena banyak sekali yang terkena dampak pandemi salah satunya para pelaku UMKM, kami tim II KKN Undip ingin memberikan pelatihan berbisnis kepada warga yang terkena dampak pandemi. Dengan berlangsungnya program Kerja Kuliah Nyata Tim II Undip yang berlangsung selama 45 hari yang dimulai pada tanggal 31 Juni 2021 hingga 12 Agustus 2021 dengan tema KKN yaitu Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS)”. Salah satu program Kerja Kuliah Nyata yang dilakukan oleh Rahma Diana mahasiswa Undip Jurusan Manajemen yaitu memberikan edukasi digital marketing pada bisnis tanaman bunga telang. Program ini dilakukan dengan sasaran ibu-ibu warga RW 02 Kalibanteng Kidul.

Pada umumnya masih banyak masyarakat yang terkena dampak Covid-19 dan mereka belum mengetahui peluang bisnis tanaman bunga telang terkhususnya warga Kalibanteng Kidul, padahal daerah ini memiliki potensi menjadi daerah penghasil tanaman bunga telang yang berkualitas karena banyaknya tanaman bunga telang yang tumbuh di daerah tersebut. Peluang usaha budidaya tanaman bunga telang bisa dikatakan sangat menguntungkan. Tanaman ini sedang naik daun karena banyaknya permintaan. Dimasa pandemi Covid-19 tanaman ini sangat diminati karena khasiatnya yang bisa meningkatkan imun tubuh. Begitu dengan harga jual yang terjangkau oleh masyarakat dan bernilai tinggi sehingga pembudidayaan tanaman bunga telang sangat menjanjikan jika dilakukan dengan strategi pemasaran digital marketing yang tepat.

Dalam menindaklanjuti kebijakan Pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran C0VID-19, P2KKN mengeluarkan surat edaran perihal kebijakan pelaksanaan KKN secara daring (online). Berdasarkan surat edaran ini maka program dilakukan melalui platform WhatsApp Group.

Program ini memberikan video edukasi digital marketing pada bisnis di masa pandemi dengan memanfaatkan tanaman bunga telang melalui WhatsApp Group. Ketika materi dibagikan, warga RW 02 Kalibanteng Kidul khususnya Ibu-ibu sangat antusias dan menyambut dengan baik maksud dari program yang dilaksanakan.

Setelah materi dibagikan, program dilanjutkan dengan membagikan poster penjualan tanaman bunga telang. Strategi digital marketing yang akan dipraktekkan yaitu melalui platform digital Whatsapp. Langkah awal yang bisa dipraktekkan yaitu dengan memposting poster penjualan di Status WhatsApp. Setelah poster penjualan dibagikan, masing-masing anggota grup dapat membagikan poster penjualan tersebut pada status WhatsApp masing-masing.

Oleh : Rahma Diana Hapsari

Dosen Pembimbing : Heri Sugito, S.Si., M.Sc.