Melalui Program KKN, Mahasiswa Undip Giring Warga Untuk Berani Terjun Mencicipi Berbisnis Online di Masa Pandemi Covid-19.

Surabaya, Jawa Timur (08/08/2021). Memasuki tahun kedua sejak ditemukannya penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus atau yang biasa disebut Covid-19 telah memberikan dampak hebat bagi perekonomian Indonesia terlebih lagi bagi UMKM masyarakat sekitar. Tak sedikit warga yang masih merasakan turunnya pemasukan hingga produktivitas usaha rumahan mereka, bahkan banyak diantara mereka yang harus kehilangan pekerjaan di masa kritis seperti ini. Melalui gerakan “Semua Mudah Dengan Online”, mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Kirana Yan Gupita Sari Sigit (22) memberikan dukungan bagi usaha rumahan warga Siwalankerto tepatnya di Kota Surabaya.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kirana sebagai mahasiswa manajemen tingkat akhir berinisiatif untuk memunculkan kembali semangat dagang para pelaku usaha warga Siwalankerto dengan memberikan edukasi lebih lanjut tentang pentingnya penggunaan e-commerce  di masa pandemi seperti ini. Dengan adanya pembatasan mobilitas masyarakat atau yang lebih dikenal sebagai PPKM, tak membuat semangat juang pelaksanaan program kerja menurun. Modifikasi terus dilakukan tanpa mengurangi esensi dari kegiatan KKN ini sendiri sehingga output yang diingkan bisa tercapai. Meskipun Kelurahan Siwalankerto merupakan salah satu wilayah yang berada di red-zone, pelaksanaan pemaparan materi terus dilakukan dengan melakukan penyusuaian kondisi di lingkungan sekitar yang semula berupa seminar door-to-door menjadi webminar.

Bentuk Materi dalam e-booklet (PDF)

Melihat secara garis besar terhadap permasalahan di lingkungan sekitar, terdapat perubahan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam jual beli barang. Dimana masyarakat cenderung memanfaatkan e-commerce atau berbelanja online untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Tak hanya itu, konsumen juga menganggap jangkauan online shopping lebih luas sehingga barang atau jasa yang mereka cari dapat ditemukan secara mudah. Selain itu, mereka juga dapat merasakan keuntungan melalui promo yang ditawarkan seperti buy one get one hingga cashback.

Sesi Pemaparan Materi Yang Dilanjut Dengan Tanya Jawab Melalui Zoom Video Call

Dengan mengusung tema “Pulang Kampung” dan melihat permasalahan relevan yang ada, mahasiswa KKN Undip tim II Periode 2020/2021 ingin membantu membina warga sekitar terutama ibu rumah tangga yang memiliki usaha rumahan untuk tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan melakukan sosialisasi melalui WhatsApp group, kemudian dilanjutkan dengan memberikan e-booklet dalam bentuk PDF yang diharapkan dapat membantu warga sekitar untuk memahami dan memacu semangat untuk melanjutkan bisnis rumahan masyarakat secara digital. Kemudian sosialisasi gerakan semua mudah dengan online ditutup dengan webminar sebagaimana merupakan puncak dari rangkaian kegiatan, dan pemaparan materi ditutup dengan sesi tanya jawab. Antusias warga dapat terlihat saat webminar berlangsung, kurang lebihnya 15 warga ikut bergabung dalam pemaparan materi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip tim II Periode 2020/2021.

Penulis : Kirana Yan Gupita Sari Sigit (1201011719011 – Fakultas Ekonomika dan Bisnis – Manajemen)

DPL    : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si