Atasi Kepanikan Warga Jabungan, Mahasiswa UNDIP Populerkan Trend Pelayanan Kesehatan Online

SEMARANG (2/8/2021) – Pentingnya pelayanan publik bagi masyarakat pada masa Pandemi Covid-19 turut menjadi sorotan utama selain membicarakan dampak kesehatan dan ekonomi. Pelayanan publik merupakan bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat mengenai sektor administrasi, pengaduan publik, dan sebagainya. Pada masa pandemi hal ini menjadi sedikit mengalami perubahan yakni beralih menjadi pelayanan dengan basis online. Hal ini menjadi tantangan bagi masayarakat pedesaan pada khususnya harus mengetahui perubahan pelayanan publik yang terjadi.
Terkadang masyarakat menjadi kesulitan jika harus mengikuti perubahan yang sebelumnya jarang diikuti khususnya masyarakat pedesaan yang tidak terbiasa menggunakan informasi dan pelayanan online. Hal ini menjadi salah satu tantangan baik bagi masyarakat maupun pemerintah untuk dapat mengimplementasikan beberapa program maupun kebijakan khususnya pelayanan publik kesehatan pada masa Pandemi Covid-19 yang kebanyakan dilakukan secara online. Maka dari itu, Mahasiwa KKN TIM II UNDIP melaksanakan Program Pengedukasian mengenai “Pelayanan Publik” pada masa Pandemi Covid-19.
Adapun isi dari materi Program Pengedukasian mengenai “Pelayanan Publik” pada masa Pandemi Covid-19 adalah pengantar pelayanan publik secara umum, pengenalan website siagacorona.semarangkota.go.id, dan pengelompokan layanan kesehatan darurat online yang dapat digunakan oleh masyarakat Jabungan ketika keadaan mendesak. Materi dari program ini ditujukan untuk meredam kepanikan warga ketika kedaan darurat dan mereka tidak tahu kemana harus mengatasi kondisi tersebut. Beberapa layanan kedaruratan online yang terdapat dalam materi meliputi call center kedaruratan Kota Semarang, layanan RS rujukan, tempat isolasi terpusat Kota Semarang dan tempat isolasi kelurahan. Selanjutnya masyarakat juga dikenalkan dengan isi website siagacorona.semarangkota.go.id. Layanan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Semarang dalam lingkup siaga corona mempunyai beberapa layanan yang dapat diakses langsung oleh masyarakat umum Kota Semarang khususnya bagi masyarakat Jabungan.
Program Pengedukasian mengenai “Pelayanan Publik” pada masa Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP memiliki dua sub kegiatan diantaranya; sosilalisasi online dan offline serta pemasangan poster layanan publik. Adapun luaran dari program ini adalah video edukasi yang telah diunggah di YouTube dan poster mengenai materi layanan publik. Keseluruhan program Pengedukasian mengenai “Pelayanan Publik” pada masa Pandemi Covid-19 ditujukan bagi warga Kelurahan Jabungan secara umum khususnya orang dewasa. Dalam pelaksanaan program di lapangan, beberapa masyarakat yang terlibat seperti Pak Sambari (koordinator lapangan sektor lingkungan), Ibu Sulis (Perwakilan PKK), Ibu Ika (warga) dan masyarakat Jabungan lainnya.

Pelaksanaan program Program Pengedukasian mengenai “Pelayanan Publik” pada masa Pandemi Covid-19 dilakukan secara online maupun offline. Pelaksanaan program secara online dilakukan dengan cara membagikan materi dalam video yang telah diunggah ke YouTube melalui WA-Group bersama antara mahasiwa KKN dengan warga Jabungan dan setelahnya dilakukan tanya jawab atau diskusi mengenai materi yang telah dibagikan. Adapun pelaksanaan program secara offline dilakukan dengan cara diskusi atas materi dan pemasangan poster di lingkungan kelurahan. Setelah program terlaksana dilakukan tanya jawab untuk mengetahui serapan materi dari program yang telah dilaksanakan. Selain itu bentuk keterlibatan masyarakat lain juga membantu pemasangan poster dan penularan materi kepada masyarakat lain yang belum berkesempatan dalam pelaksanaan program.

Pada akhirnya, Pengedukasian mengenai “Pelayanan Publik” pada masa Pandemi Covid-19 melalui dua sub kegiatan telah terlaksana dengan baik di Kelurahan Jabungan dan sesuai harapan awal. Beberapa warga menaruh harapan tinggi bagi keberlanjutan program ini terutama pada kebermanfaatan poster yang berisi layanan-layanan darurat sehingga sewaktu masyarakat membutuhkan informasi tersebut dapat membantu. Disisi lain beberapa masyarakat menyatakan bahwa dengan adanya program Pengedukasian mengenai “Pelayanan Publik” pada masa Pandemi Covid-19 telah menambah wawasan mereka mengenai tindak lanjut kedaruratan dan cara mengakses layanan kedaruratan khususnya pada masa pandemi covid-19.
Oleh: Resa Septia Nugroho / Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021
14020118140069
Administrasi Publik 2018, FISIP
Dosen Pembimbing Lapangan / DPL: Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si
Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang
#KKNJabungan #KKNUNDIP #P2KKNUNDIP