Persiapan Sedekah Bumi Desa Jatisari

Budaya dan adat istiadat yang di miliki suatu kelompok masyarakat memang harus di pertahankan agar tidak hilang maupun luntur. Budaya ini merupakan suatu kekayaan yang takkan ternilai harganya dan sangat patut untuk di perjuangkan di masa sekarang. Zaman sekarang sudah banyak sekali budaya adat yang mulai luntur bahkan hilang karena banyak faktor dari dalam maupun luar.

Dokumentasi Reportase 4

Suatu budaya yang di miliki suatu daerah pasti akan berbeda-beda dan sangat beraneka ragam contohnya budaya sedekah bumi. Sedekah bumi ini merupakan suatu acara syukuran masyarakat di daerah Kudus, Blora, Rembang, dan Pati. Pada tanggal 26 Juli hari Rabu kemarin para petinggi desa Di Jatisari, Jakenan, Pati mengadakan rapat guna membahas persiapan Sedekah bumi dalam menentukan tanggal jatuhnya dan persiapan lainya seperti kepanitiaan dan berbagi penanggung jawab dari tiap kebutuhan untuk kelancaran acara tersebut. Mahasiswa KKN Undip yang di tempatkan di Desa Jatisari Jakenan juga ikut di undang dalam rapat tersebut mulai dari perkenalan diri dan menyampaikan tujuan mahasiswa KKN di Desa Jatisari ini serta ingin ikut juga dalam membantu dan memeriahkan acara Sedekah Bumi nanti.

Hasil dari rapat ini Sedekah Bumi jatuh pada tanggal 20 Agustus 2017 dan memeriahkanya dengan menampilkan pementasan wayang pada malam harinya untuk paginya acara beberapa lomba dan jalan santai. Mahasiswa KKN juga bergabung dalam kepanitaan dan membantu dalam kegiatan jalan santai beserta lomba-lombanya.