Budikdamber Solusi Mudah Bercocok Tanam dan Budidaya Ikan di Lahan Sempit

Proses Pembuatan Budikdamber Bersama Beberapa Warga

Magetan ( 28/7) — Universitas Diponegoro Semarang kembali mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2021 ini. Kegiatan KKN berlangsung sejak tanggal 30 Juni 2021 hingga 11 Agustus 2021 mendatang. KKN pada tahun ini dijuluki sebagai “KKN Pulang Kampung” karena kegiatan KKN dijalankan berdasarkan domisili masing-masing mahasiswa. KKN Tim II Undip Tahun 2021 mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).” KKN dijalankan secara mandiri oleh tiap mahasiswa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Program yang diusung oleh TIM II KKN UNDIP 2021 adalah program kerja budidaya berbasis akuaponik atau biasa dikenal dengan istilah “BUDIKDAMBER” (Budidaya Ikan dalam Ember). BUDIKDAMBER merupakan teknik budidaya yang ramah lingkungan yang memadukan antara budidaya ikan dan sayuran dengan media atau wadah budidayanya menggunakan ember dan air media budidaya yang digunakan dapat berfungsi sebagai media pertumbuhan tanaman. Melihat dari kondisi lingkungan Kelurahan Selosari khususnya warga RT 13 RW 9 yang sangat minim lahan kosong. Budikdamber dapat menjadi salah satu jawaban untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga. Selain memenuhi kebutuhan akan protein hewani yang didapatkan dari ikan, teknik budidaya yang mengadopsi sistem akuaponik ini juga menghasilkan sayuran untuk dikonsumsi.

Perakitan Alat Budidamber bersama beberapa warga Kelurahan Selosari RT 13 RT 9

Dengan adanya program ini, diharapkan mampu memacu warga RT 13 RW 9 Kelurahan Selosari Magetan untuk memulai usaha dengan melakukan budidaya ikan lele dalam lingkungan tempat tinggal serta mampu memenuhi kebutuhan warga terkait gizi ikan dan sayuran. 

Penulis : Alya Faranida Arnandya
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M. Si.
Lokasi KKN : Kelurahan Selosari , Kecamatan Magetan , Kabupaten Magetan