Mencegah Penularan Covid Varian Delta, Mahasiswa Undip mendesmonstrasikan Pemakaian Masker Ganda pada Warga

Kwaren (05/08/2021) – Masuknya Covid varian Delta di Indonesia menjadi salah satu faktor pecahnya rekor kasus harian terkonfirmasi Covid-19 selama beberapa hari berturut-turut. World Health Organization (WHO) mengkategorikan Covid Delta sebagai variants of concern, sebab penularannya yang tercatat dua kali lipat lebih efisien daripada varian Alpha. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), varian Delta menunjukan gejala yang lebih berat pada pasien yang belum divaksin. Hal ini menjadi kekhawatiran, mengingat kesiapan kuota Rumah Sakit yang sudah penuh di banyak daerah di Indonesia.

Melihat angka penularan di Indonesia, Kemenkes RI sejalan dengan rekomendasi CDC, menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker ganda. Masker ganda/double masking merupakan teknik meningkatkan kemampuan masker dengan melapisi masker medis menggunakan masker kain. Dengan pemakaian masker ganda, kemampuan proteksi untuk menghalangi droplet dan memastikan hidung dan mulut tertutup sempurna dapat terjamin. CDC mealporkan bahwa teknik ini meningkatkan kemampuan perlindunan masker hingga 96,4%.

Salah satu lokasi banner

Mahasiswa Tim 2 KKN Undip dalam program Edukasi Pemakaian Masker Ganda mendemonstrasikan cara melapisi masker melalui pemasangan banner dan video tutorial kepada warga Desa Kwaren, Dukuh Kemit RW 04. Pemasangan banner dilakukan di tiga lokasi yang berbeda di area Dukuh Kemit RW 04, sementara video tutorial singkat dibagikan kepada warga Dukuh Kemit RW 04 melalui grup Whatsapp.