APA SIH DIGITAL MARKETING ITU? MAHASIAWA KKN UNDIP MEMPERKENALKAN DIGITAL MARKETING KEPADA PELAKU USAHA UMKM MEBEL

Grobogan (8/08/2021) – Mahasiswa KKN TIM II Undip melaksanakan program kerja KKN. Tema KKN TIM II Undip adalah ‘’ Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan (SDG’s) Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata’’ yang dilaksanakan selama 45 hari.

Pada minggu ke 4 23/07/2021, mahasiswa menjalankan program ke dua yaitu edukasi mengenai digital marketing kepada pelaku usaha UMKM Mebel. Edukasi diberikan melalui poster dan berkunjung ke beberapa pelaku usaha. Permasalahan dari UMKM Mebel yang sedang terjadi adalah kesulitan dalam hal pemasaran. Dikarenakan banyak pelaku usaha UMKM Mebel sejenis dan persaingan harga sangat ketat. Selain itu, kondisi pandemic menyebabkan sempitnya ruang gerak pelaku usaha mebel untuk meningkatkan penjualannya. Untuk itu edukasi digital marketing ini dilakukan untuk memperkenalkan pemasaran berbasis digital atau online kepada pelaku usaha UMKM Mebel.

Poster Digital marketing

Memperkenalkan E-commerce dan Marketplace serta cara melakukan branding produk agar pembeli tertarik untuk membeli. Digital marketing adalah kegiatan pemasaran ataupun promosi yang dilakukan oleh brand ataupun produk melalui internet dan media sosial. Beberapa hal dalam digital marketing adalah memperhatikan peran media sosial dan upaya untuk meningkatkan branding merek. Media sosial yang sederhana seperti Facebook dan Whatsapp dapat mempermudah pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka. Jangkauan pemasaran akan lebih luas sehingga dapat meningkatkan penjualan dan dapat meningkatkan jalinan hubungan penjual dengan konsumen. Hal ini dapat terjadi karena komunikasi pemberian informasi yang interaktif dan berjalan dengan baik. Sehingga pelayanan yang diberikan oleh penjual dan dapat memuaskan ekspektasi pelanggan.

Edukasi digital marketing ke pelaku usaha UMKM Mebel

Diharapkan program kerja yang telah berjalan ini dapat menambah wawasan dan informasi kepada pelaku usaha UMKM Mebel serta mempermudah dalam hal pemasaran produk.

Penulis: Annya Helda Ayuningtyas
DPL: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M,  M.A