SUNGGUH LUAR BIASA, MAHASISWA ELEKTRO SOSIALISASI HEMAT ENERGI DI LP2MP UNDIP

EDUKASI – Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi langkah-langkah penghematan energi di LP2MP Universitas Diponegoro

SEMARANG (06/08/2021)- Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2021 melaksanakan kegiatan KKN dengan tema “Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGD’S) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. KKN ini dilaksanakan selama 40 hari terhitung mulai tanggal 30 juni 2021 sampai tanggal 12 agustus 2021, dengan kebanyakan kegiatan dilaksanakan secara online karena menindak lanjuti terkait kebijakan pemerintah mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seiringnya dengan peningkatan pasien positif covid-19 varian delta.

Selama Pandemi berlangsung banyak masyarakat yang melakukan kegiatan di rumah saja mulai dari pendidikan yang menerapkan sistem daring hingga banyak perusahaan yang memberlakukan kebijakan Work from home (WFH). Tetapi ada juga yang tetap melaksanakan Work from Office (WFO). Kegiatan di rumah saja ini memerlukan energi listrik untuk menunjang kegiatan secara daring. Hal ini yang membuat tagihan listrik meningkat selama pandemi karena adanya kebijakan berkerja dari rumah. Dengan Permasalahan ini, maka mahasiswa Universitas Diponegoro berinisiatif untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya penghematan energi untuk mengurangi tagihan listrik yang meningkat akibat pandemi untuk pegawai LP2MP Universitas Diponegoro. Edukasi ini berupa sosialisasi yang dilaksanakan dengan menyebarkan poster Hemat Energi kepada masyarakat.

Bidessa Talfit Ristiyanta memberi sosialisasi hemat energi dengan menyampaikan 4 langkah upaya penghematan. Langkah pertama atur penggunaan lampu dalam keseharian. Kedua cabut steker peralatan listrik yang tidak terpakai, karena akan menyedot arus listrik walaupun tidak dipakai. Ketiga menggunakan lampu LED agar lebih hemat energi dan biaya. Dan yang terakhir yaitu menggunakan peralatan listrik hemat energi yang telah memiliki izin resmi dari pemerintah. “Terima kasih mas, saya baru tahu kalau menggunakan LED bisa menghemat energi, selain itu juga tadi harus cabut steker agar bisa hemat energi, ini sangat menambah wawasan mas” ucap salah satu pegawai LP2MP setelah diberi sosialisasi.

NAMA PENULIS

BIDESSA TALFIT RISTIYANTA , DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO, UNIVERSITAS DIPONEGORO