KASUS COVID-19 MENINGKAT! MAHASISWA KKN UNDIP MENGAJAK WARGA UNTUK MENJAGA IMUNITAS TUBUH DENGAN VITAMIN

Video Edukasi Pentingnya Vitamin Pada Saat Pandemi



Kasus Covid-19 di Indonesia semakin menyebar. Virus ini mudah menular apabila tedapat kontak secara langsung kepada penderita terutama pada orang dengan imunitas rendah. Usaha untuk menekan angka penularan Covid-19 mulai gencar dilakukan pemerintah dengan cara mengeluarkan kebijakan-kebijakan. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah antara lain ialah memperketat penerapan protokol kesehatan 5M dan melakukan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Masyarakat dapat turut berpatisipasi dalam usaha penekanan angka penularan covid-19 dengan cara menerapkan kebijakan pemerintah dan menjaga imunitas tubuh.

Imunitas tubuh atau daya tahan merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus. Imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan cara mencukupi asupan nutrisi harian. Salah satu nutrisi yang dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh adalah vitamin.

Sosialisasi Pentingnya Vitamin Saat Pandemi


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II 2020/2021 Universitas Diponegoro membuat dengan tema KN “Sinergi Perguruan Tinggi dengan masyarakat di masa pandemi COVID-19 berbasis pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata)” membuat program kerja sosialisasi dan edukasi pentingnya vitamin saat pandemi kepada warga RT 01 RW 04 Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Sosialisasi dan edukasi tersebut dilaksanakan secara rumah ke rumah dan melalui media online yaitu WhatsApp. Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2020/2021 memyebarkan video edukasi, booklet dan poster mengenai pentingnya vitamin saat pandemi kepada Warga RT 01. Selain itu, Mahasiswa KKN juga memasang poster di beberapa wilayah RT 01, memasang flyer di depan rumah warga, dan memberikan vitamin kepada warga RT 01.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi atau pengetahuan baru kepada warga RT 01 Kelurahan Jangli serta meningkatkan kesadaran warga RT 01 untuk menjaga dan meningkatkan imunitas.

Penulis :Indah Aisyiah Prameswari
Dosen Pembimbing : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp. Perio