Buat Belajar jadi Asik, Mahasiswa KKN Undip Berikan Video Pembelajaran Kreatif

Palon, Blora (09/08/21) Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan program pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Universitas melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021 yang lalu hingga 12 Agustus 2021 kedepan. Kegiatan KKN pada tahun 2021 ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 serta dengan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga KKN dilaksanakan di kampung daerah masing-masing. Selain itu, dengan adanya kebijakan tersebut, mahasiswa diminta untuk mengurangi interaksi dengan warga selama melaksanakan program kerja yang telah disusun.

Dari hal tersebut, pandemi Covid-19 serta kebijakan PPKM dapat berdampak kepada keberjalanan kegiatan pendidikan seperti SD, SMP, SMA, bahkan Perguruan Tinggi. Seluruh kegiatan sekolah dilaksanakan melalui sistem pembelajaran jarak jauh. Namun kebijakan tersebut masih terdapat beberapa kendala dikarenakan tidak seluruh sekolah dapat memberikan fasilitas yang optimal kepada siswa selama pembelajaran jarak jauh, seperti sarana prasarana dan jaringan internet.

Disisi lain, kebijakan tersebut membuat beberapa siswa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Penjelasan yang diberikan melalui sistem daring akan jelas berbeda jika penjelasan materi diberikan secara tatap muka. Tidak hanya siswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh, namun guru juga mengalami kesulitan mengenai cara penyampaian materi yang dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Pembelajaran jarak jauh akan menyulitkan guru karena tidak dapat mengontrol siswa satu per satu secara daring.

Sehingga dengan adanya kendala tersebut, guru maupun tenaga pengajar lainnya dituntut untuk dapat memberikan metode pembelajaran yang kreatif yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan. Permasalahan serupa ditemukan di SD Palon yang bertempatan di Desa Palon, dimana mayoritas siswa SD tersebut berasal dari warga Desa Palon itu sendiri.

Dengan adanya permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN dari Fakultas Psikologi yaitu Aprilia Kusuma Putri memiliki program kerja yang dapat membantu siswa SD Palon dalam memahami materi yang diberikan oleh guru yaitu melalui media pembelajaran berupa video yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang telah diberikan oleh guru. Video pembelajaran berisikian penjelesan materi  mengenai perkembangbiakan hewan yang dilengkapi dengan suara serta gambar, dan banyak contoh-contoh hewan yang tidak terdapat dalam buku yang dimiliki oleh siswa.

Program kerja ini diharapakan dapat menjadikan siswa semangat dalam belajar serta memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru selama menjalankan pendidikan melalui program pembelajaran jarak jauh.