KATAKAN TIDAK PADA HOAX!!! Mahasiswa KKN UNDIP Lawan Berita Hoax Vaksin dengan Berikan Edukasi Vaksinasi Covid 19.

Mahasiswa KKN Tim II Undip Berdayakan Masyarakat RW 07 Kelurahan Tandang Melalui Program Ini

Semarang (09q/08/2021), Kasus Pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini semakin meningkat setiap harinya. Khususnya di Kota Semarang, Jawa Tengah saat ini telah menyandang status baru sebagai Zona Merah yang dimana tingkat penyebaran wabah Covid-19 ini semakin tinggi dalam kurun waktu dekat. Hal ini menyebabkan semua sektor di Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang terkena dampaknya, salah satunya pada sistem Pendidikan. 

Berdasarkan kebijakan pemerintah proses belajar mengajar saat ini dilakukan secara daring atau melalui virtual online, yang mengharuskan setiap pelajar maupun pengajar melakukan proses belajar dan mengajar hanya dirumah saja dan melalui daring online. 

Beradaptasi dengan kebijakan tersebut Universitas Diponegoro tahun ini menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring, yang dilaksanakan sejak 30 Juni 2021 hingga 12 Agustus 2021. Dimana mahasiswa UNDIP berkesempatan untuk melakukan kegiatan KKN mandiri di kampung halaman guna membangun kampung halaman agar lebih baik. Hal ini membuktikan bahwa situasi pandemi tidak menghalangi mahasiswa untuk terus berusaha mengabdi kepada masyarakat.

Muhammad Rafli, atau yang kerap dipanggil Rafli merupakan salah satu mahasiswa UNDIP yang mengikuti KKN TIM II Universitas Diponegoro periode 2020/2021 dengan melakukan programnya di kampung halaman secara daring, yang lokasinya berada di Desa Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

Dimana dalam menjalankan programnya mahasiswi ini merasa heran, lantaran masih rendahnya kesadaran warga desa untuk melakukan kegiatan Vaksinisasi Covid-19, karena banyak termakan berita Hoax yang beredar dan masih banyak warga yang justru malah percaya akan konspirasi konspirasi tentang Covid-19 dibandingkan edukasi mengenai Vaksinisasi COVID-19 itu sendiri. Padahal sudah ada Himbauan kepada seluruh warga untuk Wajib Vaksin yang dimana wajib Vaksin ini diperuntukan untuk Pencegahan COVID-19 dalam masyarakat terutama Lansia.

Pemerintah juga telah membuat program untuk memberikan sejumlah bantuan pada masyarakat di masa pandemi, salah satunya Pemberian Vaksinisasi secara gratis yang dimana dapat diakses dengan mudah salah satunya melalui website Dinas Kesehatan Semarang. Pembagian Slot Vaksinisasi untuk warga desa dirasa kurang efektif, pasalnya masih terdapat warga desa yang belum tau perihal berita informasi Vaksinisasi gratis dikarenakan minimnya internet serta bantuan dari pemerintah desa setempat.

Oleh karena itu dalam menghadapi permasalahan tersebut, Rafli selaku mahasiswa KKN UNDIP yang bertugas memberikan pengabdian penuh di kampung halamannya ini dengan memberikan solusi dengan melaksanakan program KKN nya sebagai awal kebiasaan baru. Pertama, dengan membuat Program yang bertajuk pada “Edukasi Pentingnya vaksinisasi COVID-19 untuk Lansia”. 

Dimana Sosialisasi dilakukan pada hari Rabu, 21 Juli 2021 dengan metode rumah ke rumah (door to door) mengingat diharuskan melakukan sosial distancing sehingga ia hanya berkunjung ke beberapa rumah saja, serta dilaksanakan dengan Penyebaran brosur berbentuk softfile yang diharapkan dapat mengurangi berita hoax dan dapat disebar luaskan secara mudah. Kegiatan ini selain difokuskan pada Lansia juga dapat diberikan kepada seluruh warga (baik remaja maupun dewasa) di Desa Tandang. Materi edukasi yang diberikan mencakup penjelasan Vaksinisasi , Manfaat Vaksinisasi , Cara kerja Vaksin tersebut serta contoh cara membedakan mana berita hoax dan berita asli.

“Dengan terlaksananya program tersebut, saya harap masyarakat disini akan sadar pentingnya Vaksin dan bahaya Covid-19, serta tidak lagi termakan oleh berita hoax mengenai Covid-19” ujar Pak Prasetio selaku Ketua RW 07 Desa Tandang serta pengawas terlaksananya program tersebut. (Rabu, 21 Juli 2021).