Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Buat Peta Sebaran Sarpras

Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro Periode 2021 dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 12 Agustus 2021. Salah satu mahasiswa undip melaksanakan kegiatan KKN ini di Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.

Produk Peta Persebaran Sarana dan Prasarana Kelurahan Kramas

Ditetapkanya Desa Kramas sebagai salah satu pengembangan pusat lingkungan sudah sepatutnya memiliki informasi terbaru terkait persebaran sarana dan prasarana. (RTRW Kota Semarang Tahun 2011-2031). 

Hal ini membuat Desa Kramas harus memiliki atau meng-update informasi-informasi tentang ketersediaan sarana prasarana sehingga mampu memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat didalamnya. Informasi-informasi seperti ini akan lebih baik jika dipetakan melalui informasi geografis. Menggunakan peta, informasi-informasi yang tersedia akan lebih berkualitas, data-data yang tersedia akan lebih akurat dan lebih terupdate. Pemetaan dilakukan dengan pendekatan SIG (Sistem Informasi Geografis).

Kelurahan Kramas

Keberadaan peta dari waktu ke waktu dirasa semakin diperlukan diberbagai kalangan baik oleh kalangan perencanaan wilayah, pendidikan, ilmuan,administrasi dan sebagainya (Juhadi dan Dewi Liesnoor, 2001: 1). Melalui pemetaan sarana dan prasarana Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang berbasis Sistem Informasi Geografis, diharapkan dapat menjadi pedoman untuk mengetahui lebih dalam penyebaran serta kondisi sarana dan prasarana Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang juga diharapkan menjadi acuan bagi Kantor Kelurahan untuk melakukan renovasi atau pengembangan sarana dan prasarana Kelurahan-nya tahun depan atau periode berikutnya.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II, Universitas Diponegoro atau Undip Periode 2021, Desa Kramas, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Alfin Satria Nugraha, jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, melaksanakan program “Pemetaan Persebaran Sarana dan Prasarana Kelurahan Kramas”, yang berlokasi di RW 2 Desa Kramas, pada 2-3 Agustus 2021.

Kegiatan  ini merupakan wujud nyata dari kegiatan KKN Universitas Diponegoro dengan tema “Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kuliah Kerja Nyata”, yang bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat.Mahasiswa KKN diharapkan bisa membantu pembangunan desa, dengan memaksimalkan potensi sekaligus menjadi solusi dari permasalahan setempat.

Penyerahan Produk Peta Kepada Ketua RW 2 Kramas

Mengingat hingga 2 Juli 2021 telah terjadi peningkatan total kasus Covid-19
mencapai 57.541 di Kota Semarang dengan kasus positif mencapai 26.079 jiwa dan sebaran tertinggi masih terletak di Kecamatan Tembalang sebesar 207 kasus positif (Dinas Kesehatan Kota Semarang, 2021). Peningkatan kasus ini memberikan dampak pada berbagai sektor terutama pada sektor ekonomi dan pembangunan. Maka dari itu, dengan adanya pemetaan sarana prasarana ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui persebaran fasilitas-fasilitas kesehatan dan juga tempat cuci tangan komunal sehingga mampu mengurangi atau menekan angka kenaikan kasus positif covid-19.

Penulis: Alfin Satria Nugraha – Teknik PWK, KKN Desa Kramas

DPL: Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.