KASUS COVID-19 TERUS MELONJAK! MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASIKAN UPAYA PENINGKATAN SISTEM IMUN TUBUH

Pedawang (10/8/2021) – Pandemi covid-19 merupakan salah satu kejadian luar biasa di Indonesia yang telah berlangsung selama kurang lebih satu tahun. Kondisi ini menyebabkan pelaksanaan beberapa kegiatan yang harusnya dilaksanakan di luar menjadi terhambat. Pelaksanaan KKN TIM I 2021 Universitas Diponegoro pun menjadi terhambat dan dilaksanakan secara Pulang Kampung atau dilaksanakan di rumah masing-masing mahasiswa. Mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” kegiatan KKN Pulang Kampung ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni – 12 Agustus 2021 dan pelaksanaan KKN tersebut dapat diadakan secara online maupun offline dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masyarakat.

IMG-20210723-WA0017

Penularan virus Covid-19 semakin meningkat seiring dengan bertambahnya varian baru dari Covid-19. Banyak masyarakat yang mulai panik dalam menghadapi kondisi yang serba sulit ini sehingga mengakibatkan imun tubuh menurun. Dalam kondisi imun yang rendah Covid-19 sangat mudah menyerang tubuh terlebih jika asupan makanan yang dimakan tidak mendukung maka tubuh akan mudah terserang virus Covid-19 dan mudah sakit.

Kelompok masyarakat yang sangat mudah terserang virus covid-19 yaitu anak-anak dan masyarakat yang sudah lanjut usia, maka dari itu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh melalui pola makan dan hidup sehat merupakan salah satu kunci utama untuk terhindar dari virus covid-19 ini, selain itu menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) juga perlu diperhatikan dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

IMG-20210723-WA0018

Salah satu Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021, Rofiqoh Biologi Fakultas Sains dan Matematika 2018 melakukan sosialisasi upaya peningkatan sistem imun di desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Kab. Pekalongan. Sosialisasi cara meningkatkan imun tubuh di kala pandemi ini dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Ini dirasa lebih efektif  melihat kondisi masyarakat disana yang belum begitu memahami sistem daring. Selain itu penempelan poster di beberapa tempat diharapkan agar warga dapat dengan mudah membaca informasi yang ingin disampaikan mengenai cara meningkatkan imun tubuh di masa pandemi covid-19. Melalui program ini diharapkan dapat mengajak warga desa Pedawang untuk hidup lebih sehat dan menjaga imun tubuh agar dapat terhindar dari covid-19. Semakin kuat masyarakat Indonesia menghadapi covid-19 maka masa pandemi dapat cepat berakhir dan kehidupan dapat kembali berjalan dengan normal.

Penulis: Rofiqoh (S1 Biologi/FSM)

DPL: Nissa Kusariana, S.KM., M.Si

#KKNPulangKampung #KKNPekalongan2021 #p2kknundip #undip #lppmundip #KKNTimIIUNDIPPeriode2021

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.