Pembuatan Handsfree Handsanitizer Sederhana untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati.

Pati (09/08/21), Desa Jambean Kidul – Di masa pandemi covid-19 ini, Mahasiswa Undip melaksanakan KKN ke daerahnya masing-masing. Kegiatan KKN ini dilakukan secara online dikarenakan adanya pemberlakuaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di area Jawa-Bali. Oleh karena itu, dengan izin dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi membuat kebijakan untuk melaksanakan KKN di daerah masing-masing secara online.

Dengan adanya PPKM ini, kegiatan masyarakat di desa Jambean Kidul masih tetap dilaksanakan walaupun dibatasi tetapi pelayanan di kantor balai desa masih tetap berjalan seperti biasa dikarenakan belum adanya pelayanan secara online. Dalam pelayanan tersebut tentu saja menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ajuran pemerintah salah satunya mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Namun, penyebaran virus Covid-19 ini sangatlah mudah baik lewat udara, sentuhan, atau percikan air liur. Untuk menghindari sentuhan saat menggunakan handsanitizer umum adalah dengan dibuatnya Handsfree Handsanitizer. Nah, Handsfree Handsanitizer ini dibuat menggunakan pipa sederhana dan dirancang dengan pedal untuk mengaplikasikannya yang diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19 melalui sentuhan.

Penyerahan Handsfree Handsanitizer dilakukan di kantor balai desa Jambean Kidul yang akan diletakkan di depan pintu masuk kantor balai desa yang menjadi pusat pelayanan desa dimana diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan dan membiasakan menjaga diri. “Pembuatan produk ini sangat bermanfaat untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Jambean Kidul” ujar bu Retnowati selaku perangkat desa.

Oleh                : Shinta Devi Mariana

DPL         : dr, Dodik Pramono, M.Si. Med

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.