Mahasiswi KKN Tim II Undip Melakukan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19

Kabupaten Kendal (10/08/2021), Mahasiswi KKN UNDIP Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Jurusan Perikanan Tangkap, Siti Munawaroh (19) memberikan cara pembuatan sabun cuci tangan secara mandiri sebagai pencegahan dan upaya dalam menghadapi covid-19 yang dilaksanakan di RW. 04 Dusun Lobang Desa Puguh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pandemi covid-19 saat ini masih menjadi permasalahan kesehatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penyebaran virus yang terjadi menyerang dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Saat ini, virus covid-19 bermutasi semakin cepat dan beragam variannya. Peningkatan penerapan protokol kesehatan saat ini di Desa perlu ditingkatkan. Seperti halnya di Desa Puguh penerapan protokol kesehatan harus diperketat, dikarenakan menurut data di instagram Dinas Kesehatan Kendal (09/08/2021) masyarakat di Desa Puguh yang sudah melakukan tes PCR dan terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 4 orang.

Penerapan protokol Kesehatan di Desa ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Salah satu yang dapat diterapkan yaitu penggunaan sabun cuci tangan untuk menjaga kebersihan tangan. Menjaga kebersihan tangan erat hubungannya dengan pandemi Covid-19 seperti saat ini. Sehingga langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan fokus pada tahap pencegahan. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan mencuci tangan dengan air mengalir yang bersih dan menggunakan sabun. Kandungan yang ada pada sabun dapat membersihkan kotoran dan kuman dengan cepat, mencegah beragam penyakit dan mencegah potensi resistensi antimikroba.

Sosialisasi pembagian sabun cuci tangan dilakukan door to door ke 5 rumah warga sebagai sampel. Video tutorial pembuatan sabun cuci tangan diunggah di youtube. Selain itu, sosialisasi dan tanya jawab mengenai pembuatan sabun cuci tangan dilakukan melalui whatsapp group PKK RW. 04 Dusun Lobang Desa Puguh. 

Hasil survey yang dilakukan dari 5 sampel yang dibagikan terdapat 2 sampel warga yang dapat membuat sabun cuci tangan secara mandiri dirumah. Untuk saat ini, terdapat beberapa warga yang mempunyai sabun cuci tangan didepan rumah.

Link tutorial pembuatan sabun cuci tangan : https://youtu.be/XE2pVQSf3ZM

Penulis : Siti Munawaroh

Dosen Pembimbing KKN : Ir. Bambang Sulistiyanto,M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.