Mendorong Masyarakat Untuk Melek Data Dan Informasi, Mahasiswa KKN UNDIP membuat Infografis Desa Yang Kece

Data merupakan elemen penting yang perannya sangat vital dalam hal apapun. Hal tersebut disebabkan karena data berisi informasi yang jika diolah dan dianalisis akan menghasilkan kesimpulan yang memiliki dampak yang sangat besar. Tak terkecuali data yang dimiliki oleh desa Waru Kidul. Desa Waru Kidul memiliki data monografi, demografi dan data-data lain untuk kepentingan arsip dan sebagai landasan untuk melakukan program-program kemasyarakatan. Sayangnya data-data tersebut masih dalam bentuk tabulasi data dan belum adanya transparansi kepada masyarakat desa.

Dalam Perpres No. 59 Tahun 2017 disebutkan “Kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan agar bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan berdasarkan HAM dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang berkualitas”. Hal ini menandakan bahwa keseriusan pemerintah dalam pembangunan yang berkelanjutan bahkan sampai ke tingkat desa, perlu didorong dan sama-sama bahu-mambahu dari elemen yang paling kecil, yaitu dari masyarakat desa.

Oleh karena itu, dengan inisiatif mahasiswa data tersebut diolah menjadi bentuk infografis yang berisi diagram dan informasi yang simpel dan menarik. Infografis ini memudahkan masyarakat untuk membaca dan memahami informasi yang disamaikan. Harapannya program ini membuat masyarakat Desa Waru Kidul menjadi lebih tahu, lebih mengerti dan lebih melek data sehingga masyarakat memiliki insight dan pengetahuan baru terutama tentang Desa Waru Kidul.

Penulis : Wahyu Anwar Ridho

Statistika – Fakultas Sains dan Matematika

DPL : Nissa Kusariana, SKM, M.Si

#KKNTimIIperiode2021

#lppmundip

#p2kknundip

#KKNPulangKampung

#KKNPekalongan2021