Rapat Pembangunan Drainase Dusun 1 Desa Kendaldoyong

dokumentasi rapat pembangunan drainase di Dusun I

Selasa (18/7), perangkat Desa Kendaldoyong mengadakan rapat bersama para perwakilan warga, tepatnya ba’da isya. Setiap dusun diwakili oleh beberapa warga. Selain perangkat desa dan perwakilan warga, para mahasiswa KKN Tim II Undip yang bertugas di Kendaldoyong juga diundang untuk ikut berpartisipasi dalam rapat tersebut.

Agenda utama rapat berupa perencanaan pembangunan drainase. Pembahasan diawali dengan laporan penggunaan dana desa tahun 2017 oleh pihak perangkat desa. Kemudian, rapat dilanjutkan dengan penunjukan mandor, penentuan lokasi pembangunan drainase,sekaligus membahas jadwal pelaksanaan pembangunan drainase.

Rapat dipimpin oleh kepala Desa Kendaldoyong, yaitu Ibu Kuslantasi. Beliau dibantu seorang moderator. Pembahasan pertama dalam pembentukan panitia yaitu penunjukan mandor. Bapak Jito, selaku suami Ibu Kuslantasi, dipilih sebagai ketua mandor. Beliau dipilih dengan sistem voting. Untuk anggota panitia lainnya, pemilihan dilakukan dengan penunjukan secara langsung berdasarkan usulan anggota rapat.

Lokasi pembangunan drainase yaitu Dusun I. Lebih tepatnya, drainase akan dibangun di RT 8, Dusun Pangkah. Pembangunan drainase direncanakan sepanjang 542 meter, sudah termasuk bagian kanan dan kiri jalan.

Pekerjaan pembangunan drainase terbagi menjadi dua, persiapan dan pembangunan drainase. Hari Kamis, tanggal 20 Juli 2017, diagendakan untuk kerja bakti membersihkan lahan untuk drainase. Pembersihan lahan meliputi penebangan pohon dan sejenisnya. Hari Jumat, tanggal 21 Juli 2017, diagendakan kerja bakti lanjutan berupa pembersihan dan pengukuran jalur yang akan dibuat drainase. Jadwal pembangunan drainase menyesuaikan.