Kena Tipu Hoaks! Mahasiswa KKN Undip Bantu Masyarakat Lawan Hoaks COVID-19

Pelaksanaan Sosialisasi Pencegahan Berita Hoaks di Masa Pandemi COVID-19 serta Pembagian Masker kepada Masyarakat Setempat

Desa Turunrejo, Kendal (6/8) – Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi di masa sekarang ini, mengakibatkan semakin mudahnya penyebaran informasi bagi umat manusia. Berbagai macam informasi dapat diakses dengan mudah oleh semua orang kapanpun dan dimanapun. Namun dengan begitu, informasi-informasi palsu atau biasa dikenal dengan berita hoaks menjadi lebih mudah tersebar di kalangan masyarakat luas. Ditambah lagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang merupakan suatu kasus yang baru dan belum banyak penelitian yang dilakukan sebelumnya, menyebabkan banyak sekali berita hoaks mengenai COVID-19 yang meresahkan masyarakat. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa total berita hoaks mengenai COVID-19 mencapai angka 1.470 berdasarkan data per 10 Maret 2021.

Tentunya hal tersebut juga dialami oleh masyarakat Desa Turunrejo berdasarkan informasi yang diberikan oleh Sekretaris RT. Masih banyak masyarakat yang mempercayai berita hoaks terkait dengan pandemi COVID-19, seperti vaksin yang mengandung mikrocip magnetis, air kelapa yang dapat mengobati COVID-19, serta kabar bahwa COVID-19 merupakan rekaan dari pemerintah saja. Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan masyarakat menjadi takut untuk divaksin dan menyepelekan protokol kesehatan yang baik dan benar.

Mahasiswa KKN Undip Berfoto bersama Masyarakat Setelah Melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Berita Hoaks di Masa Pandemi COVID-19

Berdasarkan permasalahan tersebut, Reyhan Thareq mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021 berinisiasi untuk memberikan Sosialisasi Pencegahan Berita Hoaks di Masa Pandemi COVID-19 kepada masyarakat Desa Turunrejo pada (5/8). Sosialisasi ini memiliki tujuan agar masyarakat Desa Turunrejo dapat lebih bijak dalam menanggapi berita, serta dapat mencegah dan menghindari adanya berita palsu di masa pandemi COVID-19. Karena sedang diberlakukan PPKM, kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara daring melalui grup sosial media milik masyarakat setempat serta secara luring dari rumah ke rumah untuk meminimalisir terjadinya kerumunan.

Baik secara daring maupun luring, Reyhan menjelaskan mengenai tips mencegah berita hoaks mengenai COVID-19 serta memberikan informasi tentang situs Kominfo yang dapat digunakan untuk mengecek dan melaporkan berita hoaks. Penempelan pamflet infografis “5 Jurus Lawan Berita Hoaks COVID-19” juga dilakukan di beberapa titik strategis di Desa Turunrejo agar masyarakat dapat dengan mudah melihat dan memahaminya. Selain itu, dikarenakan masih banyak masyarakat setempat yang menyepelekan penggunaan masker maka Reyhan juga membagikan beberapa masker untuk masyarakat setempat sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Pamflet Infografis “5 Jurus Lawan Berita Hoaks COVID-19”
Penempelan Pamflet Infografis Pencegahan Berita Hoaks di Beberapa Titik Strategis di Desa Turunrejo oleh Mahasiswa KKN Undip

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program oleh 10 orang masyarakat Desa Turunrejo, sebanyak 6 orang menjadi lebih bijak dan 4 orang lainnya menjadi cukup bijak dalam menanggapi berita terutama berita terkait dengan pandemi COVID-19. Setelah terlaksananya program, Reyhan berharap bahwa masyarakat Desa Turunrejo kedepannya tetap dapat menanggapi berita dengan bijak dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penulis: Reyhan Thareq Syaflian, S1-Teknik Perkapalan

Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.