GIAT HIMBAUAN PEMATUHAN PROTOKOL KESEHATAN DI DESA SIDOREJO OLEH KKN TIM II UNDIP TAHUN 2021

IMG-20210811-WA0004

Kendal (23/07) – Pada 8 Januari 2020, virus corona secara resmi diumumkan sebagai patogen penyebab COVID-19 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok. Wabah COVID-19 dimulai dari Wuhan, Cina, Desember lalu dan menurut WHO, wabah ini telah menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Penularan dapat melalui droplet & sistem pernafasan, dan melalui kontak. Sampai 6 Juli 2020, kasus pasien terinfeksi virus ini di Indonesia mencapai 64.958 orang. Untuk meminimalkan penyebaran  infeksi COVID-19, masyarakat harus melakukan upaya pencegahan dengan proteksi diri, baik dengan menerapkan protokol physical distancing, menggunakan masker ketika keluar rumah, tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan, dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dengan benar sesuai standar WHO.

Berdasarkan data dari Dinkes kota Kendal sebanyak 14 orang terkonfirmasi positif covid-19 di desa sidorejo. Berdasarkan data dari puskesmas Brangsong I, dari 7 desa yang dinaungi oleh puskesmas brangsong I terdapat pasien positif rapid test sebanyak 24 orang, positif PCR sebanyak 9 orang, probable sebanyak 4 orang, dirawat di RS dengan kondisi positif covid-19 sebanyak 3 orang dan yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 30 orang. Data tersebut merupakan data per tanggal 21 juni – 6 juli 2021.

Melihat hal tersebut, Lailatul Maulidiah (21) Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 dari Fakultas Kedokteran memberikan sosialisasi pematuhan protocol kesehatan.

IMG-20210811-WA0005

Pelaksanaan program bertujuan untuk menekan angka kasus potif covid-19 di Desa Sidorejo. Pelaksanaan program dilaksanakan pada Jum’at (23/07/21) secara daring melalui video call dan chat di group whatsapp. Program berisi materi berupa poster 7 langkah mencegah penyebaran covid-19, poster cara mencuci tangan menggunakan sabun dan handsanitizer, poster cara menggunakan masker yang benar, dan video cara membuat handsanitizer secara mandiri menggunakan bahan alami. Ada 9 anggota Formase Rw 06 yang bergabung dalam pelaksanaan program dan mereka sangat antusias dengan adanya program kerja ini “program yang bermanfaat dan sangat membantu warga untuk menyadari tentang protocol kesehatan” kata Jimmy selaku ketua Formase Rw 06.

Pada akhir program, mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2021 membagikan paket yang berisi brosur 7 langkah pencegahan covid-19, brosur cara mencuci tangan menurut WHO, brosur cara menggunakan masker, handsanitizer, dan masker. Selain itu mahasiswa juga memberikan kuis berhadiah guna mengetahui tingkat pemahaman peserta.

Penulis: Lailatul Maulidiah

Program Studi Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.