Dimsum Berbahan Ikan Solusi Penyediaan Bahan Makanan Di Masa Pandemi

Sosialisasi Pembuatan dimsum berbahan dasar ikan kepada ibu-ibu Rt 03 Rw 07 Dusun Kersan (Dok.Pribadi)

Kendal (1/08/2021) – Di masa pendemi ini banyak masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, sehingga kebutuhan makanan tidak dapat terpenuhi secara optimal terutama sumber protein hewani. Ikan sebagai sumber protein hewani memiliki kandungan protein tinggi dan asam amino essensial yang dibutuhkan tubuh. Dalam pemanfaannya, produk olahan berbahan dasar ikan saat ini dapat dikatakan masih sedikit dikarenakan produk olahan ikan yang monoton.

Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Desa Sidorejo memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembuatan dimsum berbahan ikan solusi penyediaan bahan makanan selama pandemi. Dimsum ikan merupakan penganekaragaman (diversifikasi) produk olahan berbahan dasar ikan yang diberi bumbu dan diolah secara modern. Program kerja ini dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Agustus 2021, dan dilakukan pembagian brosur mengenai cara membuat dimsum ikan, dengan bertujuan supaya ibu-ibu lebih paham mengenai cara pembuatannya. Dalam pelaksaanaanya bertempat di Dusun Kersan Desa Sidorejo dihadiri bapak julaemi selaku kepala Dusun Kersan dan ibu-ibu Rt 03 Rw 07 Dusun Kersan. Meskipun hanya dihadiri beberapa ibu-ibu tetapi dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan.

Program kerja pembuatan dimsum berbahan dasar ikan ini sangat diterima oleh ibu-ibu Rt 03 Rw 07 Dusun Kersan dengan terbuka. Hal tersebut dapat dilihat dari semangat ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan ini. Dalam pelaksanaan program ini ibu-ibu Rt 03 Rw 07 Dusun Kersan diberikan produk olahan dimsum ikan untuk dicoba agar mengetahui rasa dan tekstur dari dimsum ikan ini. Adanya program mengenai inovasi produk olahan dimsum ikan ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan serta masyarakat menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam membuat produk olahan ikan, sehingga pemenuhan protein hewani dari ikan dapat terpenuhi selama pandemi.

Penulis : Maisaroh, Mufitdatul – 26020118120037

Program Studi Akuakultur, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU