Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Melalui Media Poster

Mudahnya penyebaran Covid-19 menyebabkan angka kasus positif semakin meningkat, yang kemudian mendorong Kabupaten Kendal masuk dalam kategori zona merah berstatus resiko tinggi. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat telah diterapkan, namun masyarakat masih abai terhadap adanya penyebaran Covid-19.

Melihat keadaan tersebut, mahasiswa KKN Undip membuat program pencegahan penyebaran Covid-19 melalui media poster untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat khususnya Desa Kartika Jaya, dan juga sebagai media pengingat untuk masyarakat. Terdapat lima desain poster yang kemudian disebarkan di titik-titik strategis Desa Kartika Jaya; tentang Virus Corona dan pencegahannya, 5M, perilaku hidup bersih dan sehat, pentingnya vaksinasi, dan makanan bergizi.

Penempelan poster-poster tersebut dibantu oleh remaja Karang Taruna Desa Kartika Jaya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan dilakukan dengan menghindari kerumunan. Poster ditempel di tempat strategis seperti poskamling, posyandu, masjid, TK, gereja, TPQ, PAUD, dan SD. Masyarakat khususnya anak-anak sangat tertarik untuk melihat dan membaca poster-poster tersebut.

Penempelan poster dibantu oleh remaja Karang Taruna Desa Kartika Jaya

Dengan adanya poster tentang pencegahan penyebaran Covid-19, harapannya, masyarakat dapat menerapkan perilaku untuk mencegah Covid-19, lebih sadar dan ingat, serta menambah informasi yang semula belum diketahui masyarakat tentang Covid-19.

Beberapa poster yang telah ditempel

Penulis : Zulvannisa Azzahwa – FEB Undip 2018

DPL : Dr. Agus Suherman, S.Pi., M.Si.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.