Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Di Masa Pandemi Dengan Mengkonsumsi Jamu Tradisional

Sosialisasi pentingnya mengkonsumsi jamu tradisional di masa pandemi kepada ibu-ibu PKK Desa Sidorejo

Kendal (8/08/2021) – Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah merubah pemikiran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Segala upaya dilakukan supaya terhindar dari virus Covid-19. Penularan virus ini tidak hanya terjadi pada mereka yang tidak memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Akan tetapi tergantung dari daya tahan yang dimiliki setiap orang. Daya tahan tubuh yang baik dapat melindungi diri dari berbagai penyakit. Selain harus mematuhi protokol kesehatan, salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi jamu.

Dalam pelaksanaan program kerja kali ini, mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Desa Sidorejo memberikan sosialisasi terkait pentingnya mengkonsumsi jamu tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi Covid-19 pada hari Jumat, 6 Agustus 2021. Sosialisasi program ini dilaksanakan di Aula Balaidesa dan dihadiri ibu-ibu PKK Desa Sidorejo, kegiatan ini dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Jamu merupakan ramuan obat tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk mengobati penyakit, menjaga kesehatan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun berbagai bahan yang diperlukan dalam membuat jamu seperti kunyit, jahe, temulawak, lengkuas, kencur, kayu manis, sereh, gula merah, cengkih, dan lainnya. Jamu tradisional sendiri memiliki beragam khasiat didalamnya, misalnya saja dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengobati masuk angin, meredakan sakit perut, menambah nafsu makan, dan lainnya.

Ibu PKK Desa Sidorejo sendiri sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan program yang diadakan oleh tim KKN, serta mengucapkan terima kasih kepada tim KKN yang telah memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai pentingnya mengkonsumsi jamu tradisional. Dengan adanya program ini diharapkan minat dan kesadaran masyarakat Desa Sidorejo dalam mengkonsumsi jamu tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi.

Penulis : Maisaroh, Mufitdatul – 26020118120037

Program Studi Akuakultur, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU