Mendukung Produktifitas dari Rumah, Mahasiswa Ini Memanfaatkan Radio Komunitas Sebagai Sumber Informasi Untuk Penduduk.

Sumber Gambar : ArenaStreaming.com

Semarang (10/08), menjelang berakhirnya Kuliah Kerja Nyata Tim 2 KKN Universitas Diponegoro, maka akan dibuat video profile sebagai luaran yang berisikan mengenai program kerja yang telah dijalankan dan juga pengenalan mengenai daerah yang dijakan objek KKN pada tahun ini.

Adapun video profil ini akan membahas mengenai RW 04, Kelurahan Gedawang, Banyumanik. Dalam video profile ini, mahasiswa KKN memperkenalkan mengenai lokasi Gedawang yang berada di bagian selata Kecamatan Banyumanik. Kondisi daratan Kelurahan Gedawang sebagian besar terdiri dari perbukitan, tanah daratan dan juga merupakan area persawahan. Wilayah RT 06 RW 4 di penuhi dengan perumahan padat, sehingga mayoritas warganya cenderung kolektivis.  Pada saat pandemi, RT 06/RW 4 tidak terdapat kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan warga, seperti posyandu keliling, karang taruna, dan perkumpulan warga lain . Kegiatan sehari-hari pemilik rumah selama pandemik ini melakukan pelaksanaan sekolah dari rumah dan WFH.

Di wilayah RT 06 RW 4 ini mayoritas warga bekerja di kantoran dan juga tenaga akademik. Namun masih dapat ditemui toko-toko kecil yang menjual sembako. Kelompok sasaran kegiatan KKN adalah warga yang tinggal di RT 06 RW 4 untuk melakukan pemberdayaan di tengah pandemi COVID-19 dengan cara mengajak warga untuk selalu menaati protokol Kesehatan yang ada seperti melaksanakan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas).

Berangkat dari permasalahan yang ada, Program kerja KKN yang dilakukan ialah pembuatan alat cuci tangan otomatis dan pembuatan Konten Edukasi yang disiarkan di radio komunitas Gedawang, Osta FM. Video kemudian ditutup dengan kesan-pesan penduduk setempat serta perpisahan dengan RW 04 Gedawang. Video profil ini menutup rangkaian acara KKN selama 45 hari sekaligus kenang-kenangan bagi mahasiswa dan warga.

DPL: Irawaati, S.H, M.H

Oleh: Rafi Aziz Fauzi – Fakultas Teknik (21070118140169)

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE