Tanggap Pencegahan Covid-19 dengan Membuat Sabun Alami Sendiri di Rumah

Bekasi (9/8) – Kasus covid-19 di Indonesia saat ini masih berada di angka yang tinggi. Tingginya kasus covid-19 di Indonesia disebabkan oleh kurangnya kewaspadaan masyarakat dalam mencegah penularan covid-19. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah covid-19 di Indonesia adalah dengan rajin mencuci tangan.

Mencuci tangan dengan sabun menjadi langkah efektif dalam pencegahan covid -19. Mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh bakteri dan virus, terutama virus corona yang saat ini sedang mewabah. Dengan membunuh virus yang ada ditangan tersebut menyebabkan virus dapat mati dan tidak terinfeksi ke dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya penularan. Sabun cuci tangan sendiri dapat diperoleh dengan pembuatan sendiri dirumah. Pembuatan sabun cuci tangan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan baku daun pandan. Daun pandan memiliki senyawa kimia aktif yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu dalam pembuatan sabun cuci tangan dari daun pandan diberikan penambahan jeruk nipis yang digunakan sebagai antibakteri.

Dalam hal ini, Leonardo Subianto sebagai salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mencoba memberikan edukasi dan tutorial sabun cuci tangan yang dapat dibuat sendiri dirumah. Pelaksanaan program ini dilakukan dengan pemberian video dan poster pembuatan sabun cuci tangan di grup WA warga RT09/RW10 Kelurahan Bekasi Jaya. Target sasaran dalam program ini adalah semua warga RT09/RW10 Kelurahan Bekasi Jaya. Dalam pelaksanaan ini Bu Aida selaku salah satu warga setempat mengucapkan terima kasih atas video penjelasan yang telah diberikan. Harapannya melalui program ini dapat memberikan wawasan baru bagi masyarakat untuk dapat membuat sabun alami sendiri dirumah.

Penulis : Leonardo Subianto
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Khairul Anam, M.Si.