GEMARIKAN!! Gerakan Memasyarakatkan Ikan untuk Anak-anak dimasa Pandemi COVID-19

Pelaksanaan KKN Tim II 2020/2021

GEMARIKAN untuk Anak

Kedungmundu, Tembalang, Kota Semarang (11/08/2021) – PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang sedang berlangsung saat ini menyebabkan banyak masyarakar, khususnya anak-anak usia SD membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan system imun mereka dimasa pandemic COVID-19 seperti ini.

Salah satu bahan makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi terdapat pada ikan. Kandungan nutrisi yang tinggi pada ikan dapat membantu proses pertumbuhan berjalan dengan semestinya dan anak – anak tidak akan mengalami penyakit kekurangan gizi yang banyak terjadi akhir – akhir ini, serta dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan yaitu protein, asam amino esensial dll. yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dalam menangkal masuk dan terinfeksinya COVID-19 yang masih menjadi permasalahan saat ini. Disisi lain banyak anak-anak yang kurang menyukai makan ikan dikarenakan mereka hanya makan ikan dengan cara di goreng sehingga timbul rasa bosan dan tidak jarang ikan yang dikonsumsi dengan cara digoreng kerap kali masih memiliki bau amis.

Pembuatan olahan ikan menjadi nugget merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengajak anak-anak makan ikan. Para orang tua dapat mengolah ikan menjadi nugget dengan campuran sayur dan dibentuk dengan cetakan yang beragam seperti bintang, bulan dan lain sebagainya agar lebih menarik. Melalui program kerja tersebut, maka secara langsung maupun tidak langsung dapat menjadikan anak sadar akan pentingnya makan ikan. Kegiatan tersebut juga dapat memberikan wawasan kepada anak sejak dini mengenai jenis-jenis ikan konsumsi, kandungan gizi di dalamnya serta pentingnya mengkonsumsi ikan pada masa pertumbuhan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengenalkan anak-anak usia SD dengan beberapa jenis ikan konsumsi dan ikan budidaya air laut serta air tawar melalui gambar-gambar yang menarik. Selain itu juga diberikan sampel produk olahan nugget dan bakso ikan untuk lebih mengebalkan mereka mengenai produk olahan ikan lainnya selain hanya digoreng. Mengenalkan pentingnya makan ikan dan kandungan gizi yang ada pada ikan dilakukan melalui media poster yang diberikan kepada anak-anak serta di tempel di beberapa tempat strategis di wilayah tersebut.

Program ini mendapatkan respon yang sangat baik dari anak-anak dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat sekitar. Setelah dilaksanakannya program GEMARIKAN ini diharapkan dapat menambah minat anak khususnya anak SD untuk lebih suka makan ikan.

Penulis : Khalimatus Sa’diyah (Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro)