Semangat sekolah “Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian.”

Wajib Sekolah 12 Tahun merupakan Program Kerja Pemerintah di Bidang Pendidikan. Ini merupakan bentuk dari keseriusan pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Program ini dimaksudkan untuk menyiapkan generasi emas
Indonesia 2045*. Meningkatkan kualitas penduduk Indonesia dalam
mendukung pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa.

Apa yang terjadi di Indonesia 2045? Indonesia mendapatkan Bonus
Demografi. Bonus Demografi adalah potensi pertumbuhan ekonomi
yang tercipta akibat perubahan struktur umur penduduk, dimana proporsi
usia kerja (15-65 tahun) lebih besar daripada proporsi bukan usia kerja (0-14 tahun dan >65 tahun). Jadi Indonesia akan mendapatkan Bonus penduduk di usia Produktif.

Pengairan Taman Wisma Asri merupakan tempat tinggal bagi sekitar 25 KK, kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai pedagang keliling, seperti contohnya ada beberapa orang pedagang rujak keliling, pedagang bakso keliling, juga ada buruh lepas dan banyak lagi.

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak yang signifikan terhadap pedagang keliling, ditambah dengan sekolah yang berbentuk Daring, namun tetap mengeluarkan biaya untuk mendapatkan buku cetak, sehingga biaya sekolah menjadi terasa seperti di double-kan. Membeli buku cetak, menyiapkan gadget bagi anak untuk sekolah beserta kuotanya.

Ditambah lagi dengan adanya PPKM Darurat/ PPKM Level 4, yang makin membuat pedagang seperti mereka semakin susah untuk mendapatkan uang.

Di Proker yang telah saya jalani, saya meng-sosialisasikan/ meng-edukasi menggunakan Infografis (yang setelahnya ditempel di sudut rumah-rumah warga) tentang;

Apasih Tujuan Wajib Sekolah 12 tahun? ini diharapkan membuat warga membuka mata mereka terkait pentingnya pendidikan yang harus dienyam anak-anak mereka, meskipun kondisi sulit, pendidikan ialah aset jangka panjang yang dapat merubah hidup mereka dimasa yang akan datang.

Tips Belajar selama Daring? kebanyakan dari kita mengalami Culture Shock yang biasanya belajar bersama guru dan teman-teman disekolah, namun sekarang semuanya berbentuk daring, sulit mengadakan kelas Offline. Maka dari itu, dibuatlah Tips ini yang telah disesuaikan terhadap kondisi Warga Pengairan Taman Wisma Asri.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kuota Belajar Gratis? Kuota gratis merupakan bentuk subsidi yang tak terkira nilainya bagi warga yang kurang mampu, maka dari itu untuk membantu mereka, disini saya memberikan cara untuk mendapatkan Kuota Belajar Gratis.