Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021 Membuat Cairan Hand Sanitizer

Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan edukasi masyarakat dalam bentuk kegiatan cara pembuatan hand sanitizer yang berguna sebagai pencegahan penyebaran Covid-19. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP 2021 tersebut bekerja sama dengan masyarakat di sekitar lingkungan RT 04/ RW 05, Kelurahan Wonotinggal, Kecamatan Candisari, Semarang, Jawa Tengah.

Pembuatan hand sanitizer tersebut menggunakan bahan dasar berupa bahan alami dengan formulasi gel lidah buaya, alkohol dan essential oil. Harapan dari berjalannya program sosialisasi ini adalah supaya masyarakat paham cara membuat hand sanitizer secara mandiri sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19.

Komposisi dari setiap bahan-bahan yang digunakan memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri seperti alkohol sebagai disinfektan mempunyai aktivitas bakterisidal, bekerja terhadap berbagai jenis bakteri, tetapi tidak terhadap virus dan jamur. Pemilihan alkohol dalam Hand sanitizer karena alkohol dapat membantu melarutkan triklosan, berfungsi untuk memberikan rasa dingin di tangan dan agar gel hand sanitizer lebih cepat kering saat digunakan. Bahan berikutnya adalah aloe vera atau gel lidah buaya sebagai pelembut kulit agar tidak terjadi iritasi. Bahan selanjutnya adalah essential oil sebagai bahan dasar pewangi.

Pembuatan Hand Sanitizer oleh Mahasiswa KKN Tim II 2021 Kelurahan Wonotingal

Sosialisasi dilakukan secara door to door dengan membagikan contoh produk hand sanitizer dan selebaran tata cara pembuatan hand sanitizer. Sosialisasi secara door to door dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui kontak langsung.

Gambar 2 Pembagian Hand Sanitizer dan Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Kepada Warga RT 04/ RW 05, Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Semarang, Jawa Tengah

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami bahwa hand sanitizer cukup mudah dibuat sendiri sehingga masyarakat tidak perlu khawatir atau cemas jika stok produk hand sanitizer mulai langka di pasaran” Ucap M. Rafsanjani W salah seorang mahasiswa KKN Undip. Cara ini juga sebagai pengingat agar setelah beraktivitas penting untuk menjaga kesehatan dengan mencuci tangan agar terhindar dari virus Covid-19. Sosialisasi ini mengundang antusias warga yang ingin tau cara pembuatan hand sanitizer dengan bahan ekstrak lidah buaya.

Oleh    : M. Rafsanjani Wahyudin

Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan : Tira Hamdillah Skripsa, S.KG., M.Kes.