“Kelurahan Meteseh Beri Komando Pada Mahasiswa KKN Tim II UNDIP”

Penulis : Sarah Azmil Umur

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Dr. Ir. Pinandoyo, M.Si

Lokasi KKN : RW 20/XX, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Meteseh, Tembalang – Selasa (03/09/2021) – Mahasiswa Tim II KKN dari Universitas Diponegoro mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu serta mempraktekkan secara nyata mengenai proses administrasi yang dilakukan di Kantor Kelurahan Meteseh. Mahasiswa KKN Tim II undip diajarkan secara langsung oleh pegawai Kantor Kelurahan Meteseh bagaimana memproses dan melayani, serat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat dengan baik dan cepat. Tidak hanya itu, kami juga diajarkan alur yang perlu dilakukan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai permasalah mereka. Tentunya masyarakat akan dijelaskan secara mendetail namun ramah, hal ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan kepuasan dan permasalahan yang dimiliki dapat dengan mudah diselesaikan dengan penjelasan yang diberikan oleh Pegawai Kantor Kelurahan Meteseh. 

Sumber : Dokumen Pribadi

Beberapa hal yang dipelajari oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip adalah bagaimana memproses masyarakat yang kehilangan atau kebutuhan lainnya yang terkait mengenai KTP seperti berkas perizinan atau pengantar yang ditunjukkan kepada Capil. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa masyarakat telah melakukan pelaporan ketika kehilangan KTP. Proses dalam mengurus kehilangan KTP dilakukan dengan didampingi oleh teknologi dan sistem yang canggih yaitu Sistem Informasi Management khusus Keluruhan Meteseh. Hal ini membuktikan bahwa Kantor Kelurahan Meteseh terus berusaha untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien bersama dengan teknologi.

Sumber : Dokumen Pribadi

Kemudian, Kantor Kelurahan Meteseh juga mengajarkan kepada Mahasiswa dalam pencatatan keadaan atau status masyarakat di Kelurahan Meteseh. Pencatatan ini dapat berupa pencatatan kematian, kelahiran, kedatangan, perpindahan, pernikahan dan sebagainya. Pencatatan ini dilakukan oleh masyarakat kepada kelurahan untuk dapat memperbaharui sistem yang tercatat dan KK dengan melampirkan atau menyerahkan bukti berkas kepada kelurahan. Pencatatan tidak hanya dilakukan pada sistem namun juga pada buku yang dimiliki oleh Kelurahan Meteseh, berkas yang diberikan nantinya akan di arsip.

Sumber : Dokumen Pribadi

Tidak hanya untuk kehilangan KTP dan sebagainya, namun berbagai tugas dilaksanakan oleh Kantor Kelurahan Meteseh dengan suka cita untuk melayani seluruh masyarakat meteseh. Tugas lainnya adalah memperbarui KK atau Kartu Keluarga, mulai dari pindah rumah, anak melakukan pernikahan, meninggal, atau kelahiran. Tentunya hal ini juga dilakukan dengan memanfaatkan Sistem Informasi khusus kelurahan meteseh dan dilanjutkan proses lainnya.

Walaupun shift yang dilakukan Mahasiswa Tim II KKN Undip pada Kelurahan Meteseh hanya dilakukan dari pukul 08.00 hingga 01.00 WIB, namun banyak ilmu yang didapat dari shift ini. Terutama, beberapa mahasiswa KKN ini merupakan Jurusan Administrasi Bisnis termasuk saya yang nantinya juga memiliki peluang besar untuk menggeluti pekerjaan seperti ini. Sehingga mahasiswa dapat secara langsung mengetahui praktek yang terjadi dilapangan setelah memperlajarinya secara teori. Bahkan mereka juga menjelaskan alur serta permasalahan yang sering terjadi di masyarakat mengenai berkas yang berkaitan dengan Kelurahan Meteseh. Pegawai Kantor Kelurahan Meteseh mengatakan bahwa hal tersebut perlu dijelaskan secara tegas agar nantinya tidak ada kesalahan-kesalahan lainnya. 

Dan tidak lupa bahwa kesempatan yang diberikan kepada Mahasiswa KKN Tim II Undip dari Kelurahan Meteseh ini dilakukan dengan tetap menjaga standar protokol kesehatan. Penjagaan ketat seperti diberikannya pembatas kaca antara petugas administrasi dengan masyarakat, penyemprotan disinfektan setiap ada masyarakat yang berkunjung serta selalu sedia hand sanitizer dan sarana cuci tangan dekat dengan petugas sehingga pelaksanaan KKN Undip tergolong aman.

Sumber : Dokumen Pribadi