Mahasiswa UNDIP lakukan Adaptasi Teknologi di SD Terpencil

Banjarnegara- Di masa pandemi, pembelajaran tatap muka di sekolah di hampir seluruh penjuru negeri harus dibatasi Tak terkecuali pembelajaran di SDN 3 Panerusan Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara yang belum sepenuhnya dapat melaksanakan pembelajaran luring. Permasalahan diperparah dengan kondisi adaptasi teknologi yang belum cukup baik di sekolah sehingga guru belum bisa memberikan materi pembelajaran dengan efektif. Hal ini dapat menghambat penyampaian materi dari guru kepada siswa sehingga dapat menimbulkan dampak ataupun masalah yang lebih besar. Dengan adanya sosialisasi cara penggunaan aplikasi konferensi video daring seperti Zoom dan Google Meet diharapkan dapat membantu guru SDN 3 Panerusan Kulon dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat mempermudah guru melakukan rapat secara daring sehingga guru dapat dengan mudah melaksanakan tugas dengan efektif dan efisien.

Program adaptasi teknologi ini dilaksanakan oleh Tri Anjarati bersama rekan Kampus Mengajar bertempat di SDN 3 Panerusan Kulon. Target peserta kegiatan merupakan guru di sekolah tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan pada Juni 2021 ini dimulai dengan sosialisasi cara mendaftar akun Google Meeting yang kemudian dilanjutkan dengan cara memulai rapat maupun bergabung melalui undangan rapat yang dibagikan.

Setelah guru dapat memulai rapat maupun membagikan undangan Google Meeting, sosialisasi selanjutnya adalah cara mendaftar akun Zoom serta cara memulai rapat dan membagikan undangan Zoom melalui WhatsApp. Selain pengenalan cara penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meeting, guru juga dibimbing untuk mencoba membuat Google Formulir yang akan berguna untuk membuat kuesioner maupun soal-soal yang dapat dibagikan kepada siswa.

Selama ini, pembelajaran di SDN 3 Panerusan Kulon memang terbatas pada pembagian soal sementara siswa jarang menerima penjelasan materi. Dengan adanya program ini, guru dapat dengan mudah mengadakan pembelajaran maupun rapat jarak jauh.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.