Anak-anak Takut Belajar Bahasa Inggris, Mahasiswa UNDIP Ajari Cara Bermain “Fun Thinkers”

Purbalingga (8/2021)- Mata pelajaran bahasa Inggris umumnya merupakan pelajaran yang paling tidak disukai anak-anak. Tak terkecuali bagi anak-anak di desa Kedungjati, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Padahal, selain peran bahasa Inggris yang penting di era modern ini, sekolah juga mengujikan pelajaran bahasa inggris kepada para siswa. Untuk itu, penanaman minat belajar bahasa Inggris perlu ditumbuhkan sejak dini.

Karena latar belakang tersebut, Tri Anjarati mahasiswa KKN Tematik Kampus Mengajar UNDIP tahun 2021 memutuskan untuk mencanangkan proram kerja bimbingan belajar bahasa Inggris dasar di desa Kedungjati. Bimbingan yang diikuti oleh hampir sepuluh anak sekolah dasar ini dilaksanakan dengan tujuan membangun minat anak untuk mulai mengenal kosa kata dasar bahasa Inggris dan juga mengisi waktu luang anak-anak dengan kegiatan yang positif.

Materi yang diajarkan merupakan materi dasar bahasa Inggris yang meliputi materi numbers, colors, dan greetings. Tri menggunakan media belajar Fun Thinkers yaitu seperangkat buku dengan berbagai level dan tema serta sebuah match frame. Media belajar ini dapat menarik minat anak karena terdapat berbagai macam gambar, warna, serta puzzle.

Program ini mendapat sambutan yang baik dari orang tua serta warga setempat. Anak-anak juga terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti bimbingan.

kknundip2021_a

Mohon untuk tidak mengganti nama akun karena merupakan akun bersama. Sekian dan terima kasih.